7 Kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin langsing

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi minum air putih | sebra /Shutterstock

Mengganti kebiasaan sehari-hari, terutama kebiasaan lama adalah hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi jika perubahan itu dilakukan demi sesuatu hal, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Namun, ada kebiasaan sehari-hari yang bisa mulai Anda terapkan, atau Anda ubah, demi mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh ideal. Dilansir dari Insider, ini 7 kebiasaan tersebut.

1. Bekerja dengan rekan yang mendukung
Mau dalam pekerjaan kantor atau aktivitas olahraga, Anda butuh rekan yang terus memberikan dukungan agar Anda sukses. Dengan dukungan dari mereka, semangat Anda untuk jadi lebih baik tidak akan pernah padam.

2. Pakai busana yang nyaman
Orang yang memakai pakaian kasual dan santai ke kantor akan berjalan lebih banyak 500 langkah dan membakar 25 kalori berkat kegiatan itu. Menurut Dr. Luiza Petre, MD, ahli jantung dan manajemen berat badan bersertifikat, untuk membakar kalori dan jadi kurus hanya perlu menerapkan hal semudah ini.

3. Menyumbangkan baju lama yang kebesaran
Dengan menyumbangkan pakaian Anda yang sudah kebesaran, Anda pasti akan beli baju baru dengan ukuran baru yang lebih kecil. Itu akan memompa semangat Anda untuk menjaga berat badan agar tidak membesar lagi.

4. Mencatat atau memotret apa yang Anda makan
Bukan hanya untuk feed Instagram, tapi juga pengingat apa yang sudah Anda makan. Hal itu juga disarankan oleh Toni Marinucci, MS, RD, seorang ahli diet terdaftar. Metode ini disebut metode piring, yang memastikan kalau asupan makanan dalam piring sesuai dengan gizi seimbang dan Anda sadar apa yang Anda makan.

5. Minum banyak air
Mulai bangun kebiasaan minum banyak air. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tapi minum air sebelum makan juga membuat Anda lebih kenyang dan lebih sedikit konsumsi makanan.

6. Cukup tidur
Bukan berarti Anda harus memperbanyak tidur dan jadi malas, lho. Kurang tidur memengaruhi beberapa hormon dalam tubuh yang secara langsung berkaitan dengan penambahan serta penurunan berat badan, seperti hormon ghrelin dan leptin. Ketika tidak cukup tidur, tingkat leptin tubuh Anda berkurang dan otak memberikan sinyal untuk makan lebih banyak saat bangun nanti.

7. Kurangi camilan
"Cara paling mudah untuk turunkan berat badan adalah hilangkan kebiasaan ngemil, terutama makanan kemasan," saran Sandra Elia, seorang konselor kecanduan makanan yang terdaftar. Ini salah satu kebiasaan yang sulit dilakukan saat mencoba untuk turunkan berat badan karena banyak tantangan dan godaan yang menanti Anda.

BACA JUGA