9 hal ini penyebab Anda sulit bahagia

Sukses tetapi tidak merasa bahagia. Apa sebabnya?
Sukses tetapi tidak merasa bahagia. Apa sebabnya? | shutterstock.com

Sama seperti Anda, semua orang ingin bahagia. Namun, menurut Ratih Ibrahim, Psi, seperti ditulis pada laman Wolipop, semakin bertambah usia seseorang semakin sukar memperoleh kebahagiaan. Salah satu penyebabnya karena merasa kesepian.

Pada laman Kompas, dipaparkan penyebab orang tidak bahagia. Seorang perfeksionis dan pekerja keras cenderung sulit mengatakan dirinya bahagia.

Perasaan rendah diri juga menjadi pemicu Anda sulit bahagia. Lantas, untuk bisa menjadi bahagia maka perilaku apa saja yang harus Anda hindari dalam keseharian seperti dilansir dari Boldsky.

1. Mengeluh

Cuaca cerah atau hujan, Anda tetap mengeluh. Hati-hati orang yang kebanyakan mengeluh adalah ciri orang yang sulit bahagia. Masalah kecil kerap dijadikan hal besar yang perlu dipikirkan serius. Ini akan menghambat Anda berpikir kreatif.

2. Sulit kompromi

Tentu bukan hal mudah untuk bisa Anda mendapatkan sesuatu yang ideal dan sempurna sesuai keinginan Anda. Cobalah untuk bisa berkompromi dengan kondisi yang mungkin tidak sesuai dengan harapan Anda atau keinginan. Hidup perlu seimbang. Kadang Anda perlu belajar menikmati bagian yang sulit dari kehidupan.

3. Lupa bermain

Lihat bagaimana wajah anak kecil ketika bermain? Senang dan gembira. Ya, kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan.

Jadi mengapa Anda tidak mencoba menikmati waktu luang untuk bermain atau sekadar melakukan hobi. Bermain, menikmati waktu dengan anak-anak. Atau membuang-buang waktu dengan teman-teman sekali waktu membuat Anda lebih produktif dan merasa bahagia.

4. Berpikir negatif

Orang yang memiliki pemikiran sempit dan memandang sesuatu dari sisi yang jelek sulit akan mendapatkan rasa bahagia, orang dengan sifat negatif ini tidak pernah bekerja untuk mencari solusi dari masalah. Tetapi hanya mengeluh hal yang sama dan lambat laun akan menyebabkan mereka makin terasa tertekan.

5. Memilih cara mudah

Tentu saja orang akan memilih jalan keluar yang mudah. Ini baik. Tapi terkadang cara mudah tidak selalu bermanfaat. Tidak ada proses belajar dan rasa puas ketika Anda berhasil dengan perjuangan. Rasa puas atas sebuah kerja keras bisa membuat Anda bahagia.

6. Impulsif

Orang bahagia selalu impulsif dan memiliki reaksi langsung untuk hal-hal yang mereka rasakan. Baik atau buruk. Saran untuk Anda, ambilah jeda sebelum bereaksi terhadap situasi apapun. Hal ini untuk mencegah Anda menyesal di kemudian hari dan mengeluh.

7. Selalu menyalahkan dan gemar memberi kritik

Ciri lain dari orang yang sulit bahagia, mereka sering menyalahkan orang lain atas kesalahan mereka. Mereka juga suka mengkritik orang lain.

8. Iri hati

Orang bahagia selalu merasa iri melihat orang lain bahagia dan sukses. Mereka kerap membicarakan hal buruk tentang kesuksesan orang lain. Daripada Anda membuang energi untuk hal ini, lebih baik mencari tahu bagaimana orang tersebut bisa meraih sukses. Lalu praktikkan.

9. Tidak mau mendengarkan

Lebih banyak bicara dan memaksa pendapat sendiri dibandingkan mendengarkan orang lain. Mereka yang sulit merasa bahagia memang selalu berorientasi pada diri sendiri dan menganggap dirinya benar.

Mereka hidup di dunia sendiri dan berpikir mereka tidak pernah salah. Padahal jika mau mendengarkan pendapat orang lain membuat hidup Anda lebih baik.

Setelah Anda tahu, bahwa perilaku yang dipaparkan diatas bisa memicu Anda merasa tidak bahagia. Maka Anda perlu menerapkan tip dari lifebuzz. Atau mulailah untuk menerima diri Anda apa adanya dan menjauhlah dari orang yang kerap berpikir negatif.

Dilansir dari Inc, Daylle Deanna Schwartz, penulis buku The Effortless Entrepreneur, memberikan saran tentang orang yang laik jadi teman. Misal di lingkungan kantor lebih baik berteman dengan orang yang memberikan motivasi dan berpikir positif.

Jika Anda sudah berhasil melakukan tip tersebut, kenali 8 tanda memang Anda bahagia, seperti dilansir Kompas, menunjukkan bahwa hidup Anda memang benar telah bahagia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR