Acroyoga, olahraga pilihan selebritas

Acroyoga oleh Andien Aisyah dan Fajar Putra
Acroyoga oleh Andien Aisyah dan Fajar Putra

Acroyoga tengah mengetren di kalangan selebritas Indonesia. Sebut saja nama-nama pesohor seperti Andien Aisyah, Carissa Putri, Raisa, Pevita Pearce, Olla Ramlan, Ashanti dan Aurel Hermansyah yang gemar mengunggah foto-foto acroyoga di akun Instagram mereka.

Secara sederhana, acroyoga berarti memadukan olahraga yoga dengan sentuhan akrobatik. Olahraga ini memiliki gerakan yang dinamis sekaligus kompleks.

Dalam setiap gerakannya, acroyoga adalah perpaduan antara yoga, penyembuhan, sekaligus akrobat yang dilakukan dalam gerakan-gerakan indah sekaligus terlihat rumit. Di Indonesia, olahraga ini kian terkenal berkat Fajar Putra, instruktur yoga yang jadi guru acroyoga para selebritas.

Dalam acara Acroyoga Photo Exhibition PENYogastar di Plaza Indonesia, Selasa (16/05/2017), Carissa Putri, salah satu murid Fajar, telah menjadikan yoga sebagai rutinitas sejak tujuh tahun lalu dan merasakan berbagai manfaat bagi kesehatannya.

"Pokoknya ini memperlancar semuanya ya, termasuk peredaran darah dan hormon." Menurut pengakuan ibu dari Quenzino tersebut, acroyoga bahkan membantunya menjadi lebih cepat hamil.

Pada kesempatan yang sama, musisi Titi DJ yang juga murid Fajar pun membagi kisahnya yang jatuh cinta pada acroyoga.

"Saya jadi ingat tiga tahun yang lalu saya lemas, lunglai, dan tidak pernah olahraga. Saya juga memilih olahraga yang mengandalkan pernapasan. Kalau mau yoga, saya enggak mau yang biasa-biasa saja. Akhirnya saya lihat Instagram Carissa dan Andien, kok seru ya acroyoga," kata Titi.

Menurut Titi, acroyoga merupakan paket yang lengkap. Selain membuat tubuhnya lebih bugar, olahraga tersebut juga membantu pernapasannya menjadi lebih baik.

Murid Fajar yang lain, Wanda Hamidah, mengatakan bahwa olahraga ini membuatnya lebih tenang dan memancarkan aura positif. Meski gerakannya rumit, menurut Wanda, acroyoga tetap aman untuk dilakukan.

"Yang penting jangan gegabah dan terus melakukannya secara konsisten," ujar Wanda yang kini juga melatih yoga. Istri Daniel Patrick Hadi Schuldt tersebut mengatakan bahwa yoga bisa dilakukan oleh orang dengan usia berapapun, dari anak kecil hingga usia lanjut.

Pernyataan Wanda, dan nukilan cerita dari murid-murid pendiri Studio Union Yoga ini memang menggambarkan betapa yoga--termasuk acroyoga--adalah olahraga segala usia. Fajar sang guru juga mengatakan bahwa yoga bukan hanya olahraga untuk perempuan.

"Untuk melakukan yoga itu yang pertama adalah jangan takut mencoba, kebanyakan orang itu selalu bilang, 'Mas Fajar saya mau coba, tapi badan saya kaku' itu adalah kesalahan seperti 'mas saya lapar, tapi saya enggak mau makan', Ibaratnya seperti itu. Karena yang membuat badan fleksibel itu adalah yoga," ujar Fajar Putra.

Jadi kalau orang badannya terasa kaku, lakukan yoga. Kalau kalian belum pernah acroyoga, lakukan terlebih dulu proses itu, lama-lama tubuh akan fleksibel, asal konsisten," tambah pria lajang 30 tahun ini.

Acroyoga bisa dilakukan siapa saja. Anda tak perlu menjadi pesenam, jago sirkus akobat, atau yogi berpengalaman untuk mencoba olahraga ini. Anda juga tak perlu menjadi kurus untuk 'diangkat-angkat' dalam olahraga ini. Teknik, kata Fajar, lebih penting daripada kekuatan.

Ada pun manfaat yang bisa dirasakan saat mencoba acroyoga, antara lain melatih kekuatan otot, melatih keberanian, pembentukan tulang, meningkatkan keharmonisan hubungan dengan pasangan, mengencangkan alat vital, sampai melatih kesabaran.

Untuk mencoba olahraga ini, pemula disarankan mengambil kelas yoga biasa selama satu sampai dua bulan sebelum mulai berlatih gerakan acroyoga.

"Jadi tidak bisa pertama kali langsung acroyoga. Karena di acroyoga itu bukan hanya kekuatan yang diperlukan tapi juga harus fleksibel," jelas guru yoga yang lebih dikenal dengan nama Pen Yoga Star ini.

Untuk mencoba acroyoga, Anda bisa mengikuti kelasnya bersama Fajar Putra di Union Yoga yang terletak di Jakarta Selatan. Biaya per sekali kedatangan mulai dari Rp150 ribu.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.