Alasan mengapa selalu lapar sepanjang waktu

Ilustrasi sebuah jamuan makan.
Ilustrasi sebuah jamuan makan. | g-stockstudio /Shutterstock

Rasa lapar kadang tak tuntas setelah makan. Rasa ingin mengunyah ini dan itu juga kadang terus muncul sepanjang waktu. Pernah mengalami hal tersebut?

"Kelaparan adalah kebutuhan fisiologis untuk kalori, air, dan garam, dan ini didorong oleh gabungan faktor, termasuk diet, hormon nafsu makan, dan faktor emosional Anda, seperti stres," kata Maggie Moon, RD, ahli gizi berbasis di Los Angeles.

Mencari tahu mengapa Anda tidak bisa berhenti makan adalah penting, karena kelaparan berlebih dapat mengarahkan Anda kepada masalah kesehatan fisik atau mental, serta membuat indeks massa tubuh ke wilayah yang berbahaya dan tidak sehat.

"Dehidrasi ringan sering ditutupi sebagai perasaan lapar, padahal tubuh Anda hanya butuh cairan," kata Alissa Rumsey, RD, juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics.

Kebingungan terjadi di hipotalamus, bagian otak yang mengatur baik nafsu makan dan haus. Saat terjadi dehidrasi, Anda dibuat meraih sekantong keripik, saat Anda sebenarnya hanya membutuhkan sebotol air.

"Cegah lapar dengan tetap mencukupi cairan Anda, mulailah dengan segelas air pada pagi hari," saran Alissa. "Jika Anda merasa lapar, dan Anda belum banyak minum hari itu, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 sampai 20 menit untuk melihat apakah kelaparan Anda mereda."

Mengalami kelaparan setiap waktu bisa disebabkan oleh kekurangan makan makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak. Sebab ketiganya akan membuat seseorang kenyang lebih lama.

Stres bisa membuat orang mengalami gangguan makan, sehingga ingin makan terus menerus. Saat Anda sedang tegang, sistem meningkatkan produksi hormon stres adrenalin dan kortisol.

Kadar hormon yang meningkat ini menipu sistem sehingga berpikir Anda membutuhkan energi, lalu nafsu makan Anda mulai meningkat. Stres juga mengurangi kadar serotonin kimia otak, dan itu bisa membuat Anda merasa lapar.

Diet rendah serat dan lemak adalah penyebab terbesar di balik rasa lapar yang tak terpuaskan. Makanan rendah serat menyebabkan kadar gula Anda melonjak dan kemudian menurun dengan cepat, serta tidak membuat Anda kenyang.

Mengonsumsi lemak berkualitas baik seperti avokad, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu organik penuh lemak akan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama karena tubuh lebih lama mencerna.

Selalu kelaparan juga bisa terjadi saat Anda mengudap terlalu banyak. Saat makan banyak camilan, Anda tidak pernah benar -benar memberi tubuh kesempatan untuk benar-benar puas dan kenyang. Akibatnya, Anda akan terus mengunyah camilan lain.

Pastikan Anda menggabungkan makanan dengan nutrisi yang benar, untuk memuaskan lapar. Gabungkan protein, serat, dan lemak sehat pada waktu makan. Misalnya, saat makan apel, rasa lapar akan datang dua jam kemudian.

Namun, jika Anda makan apel dengan selai kacang, Anda akan kenyang lebih lama lagi. Ini karena kombinasi serat dari apel dengan protein dan lemak dari kacang.

Sering merasa sangat lapar pada pagi hari? Coba ingat apakah malam sebelumnya Anda makan karbohidrat. Makan makanan berkarbohidrat bisa menjadi alasan untuk merasa lapar keesokan harinya.

Tidak cukup tidur juga memiliki efek langsung pada seberapa lapar yang seseorang rasakan dan berapa banyak yang ia makan.

Durasi tidur singkat telah ditemukan untuk mengurangi kadar hormon yang disebut leptin, yang menghambat kelaparan, dan meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar. Inilah salah satu alasan mengapa tidur yang buruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan juga.

Alasan lain mengapa seseorang selalu lapar bisa jadi karena memiliki sistem metabolisme yang cepat. Semakin cepat metabolisme Anda, memang akan semakin banyak bahan bakar yang Anda butuhkan.

Menurut penelitian dari University of Vermont, sekitar 32 persen orang memiliki metabolisme yang lebih dari 8 persen berbeda (lebih tinggi atau lebih rendah) daripada rata-rata populasi. Jadi memiliki metabolisme yang cepat mungkin akan membakar 100 sampai 400 kalori ekstra per hari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR