TIP KESEHATAN

Alasan tak semua diet selebritas berhasil pada Anda

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi diet
Ilustrasi diet | Anetlanda /Shutterstock

Semenjak Instagram menjadi media sosial yang paling sering digunakan oleh orang banyak, kehadirannya turut mengubah bagaimana orang mencari informasi. Salah satunya informasi mengenai program diet.

Ternyata, memang tak semua diet cocok dilakukan oleh semua orang, apalagi keadaan biologis dan fisik tiap orang berbeda-beda.

Dikutip dari Cosmopolitan yang dikatakan oleh ahli penurunan berat badan Dr.Charlie Seltzer, “You’re not going to become Jennifer Aniston if you eat like her”.

Berikut adalah alasan kenapa tidak semua diet cocok untuk Anda:

Perbedaan metabolisme

Tidak semua orang memiliki metabolisme yang sama, hal ini dikarenakan metabolisme yang ditentukan dari berapa tinggi dan berat badan yang Anda miliki, gen, jenis kelamin, bobot otot, atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan tiap orang berbea-beda. Contohnya, jika Anda bekerja lebih lama di lapangan, Anda akan lebih lemas jika memilih diet yang tidak memakan protein dan lemak.

Kemungkinannya sangat kecil jika tubuh Anda membutuhkan jumlah karbohidrat atau protein yang sama seperti orang lain. Jadi, sebelum Anda mengikuti diet yang dijalani oleh selebriti favorit Anda, perhatikan kembali apakah diet itu cocok atau tidak untuk Anda.

Hanya sementara

Jika Anda mengikuti diet yang dijalani selebriti dengan beragam menu yang cukup memakan waktu untuk mempersiapkannya, ini menjadi kemungkinan diet yang Anda jalankan hanya bertahan untuk sementara.

Bila para artis memiliki asisten pribadi yang biasanya mempersiapkan makanan sehari-harinya, berbeda dengan Anda tentunya. Atau beberapa makanan yang dijadikan menu diet para artis sering kali pricey dan tak sesuai dengan budget Anda. “It sets you up for failure before you begin and giving up can leave an emotional impact.” Ujar Dr.Seltzer.

Bisa sangat berbahaya untuk orang yang memiliki kondisi tertentu

Sekali lagi karena tak semua orang memiliki kondisi tubuh yang sama, maka ada baiknya bila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani diet tertentu. Karena bisa saja meal-plan yang Anda ikuti dari artis, dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda sekarang.

Sebagai contoh diet yang tidak mengonsumsi daging-dagingan atau hanya mengonsumsi buah dan kentang saja, dapat menyebabkan gula darah pada tubuh menjadi tinggi dan memicu diabetes.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR