KESEHATAN MENTAL

Alternatif alami obat antidepresan

Ilustrasi antidepresan
Ilustrasi antidepresan | TanyaJoy /Shutterstock

Saat sedang sedih, stres, depresi, cemas, atau mengalami gangguan mental, pilihan pengobatan pertama yang diresepkan oleh dokter adalah obat antidepresan.

Beberapa jenis antidepresan yang mungkin disarankan oleh dokter antara lain Selective Serotonin Re-uptake Inhibitor (SSRI) untuk meningkatkan suasana hati atau Serotonin and Norepinephrine Reuptake Inhibitors (SNRI) berfungsi memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu.

Juga ada Trisiklik, Monoamine oxidase inhibitor (MAOI), dan Noradrenaline and specific serotonergic antidepressants (NASSA).

Menurut psikiater holistik Ellen Vora, M.D., obat bukan satu-satunya pilihan untuk menangani depresi. "Sebagai seorang psikiater holistik, saya tahu secara langsung bahwa ada banyak jalan yang belum dieksplorasi," ujarnya.

Proses penyembuhan depresi juga bisa didukung dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup. Ini bisa dimulai dari pengaturan waktu tidur. Ellen menyarankan untuk tidur pada pukul sepuluh malam.

"Tubuh manusia bekerja paling baik ketika kita tertidur sekitar tiga jam setelah matahari terbenam dan bangun saat matahari terbit," kata Ellen.

Setelah menyesuaikan diri untuk bisa tidur pukul sepuluh, mulailah mengubah pola makan. Sebab suasana hati bergantung pada kesehatan otak, dan kesehatan otak juga sangat bergantung pada apa yang kita makan.

Anda perlu makan makanan yang mengandung vitamin, mineral, lemak, dan antioksidan dari real food atau makanan sungguhan, bukan makanan olahan atau makanan yang diproses berlebihan.

Pilihan makanan antidepresan antara lain biji chia, safron, ubi, brokoli, quinoa, tomat, pisang, oregano, cokelat, sushi, dan spirulina.

Pada dasarnya, Anda diminta untuk makan seimbang dengan menu sayur, daging, ikan, umbi-umbian bertepung seperti ubi atau kentang, makanan fermentasi, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah, dan lemak sehat dalam avokad, ikan, atau minyak zaitun.

Anda juga perlu mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, sarden, biji rami, minyak rami, dan walnut. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kacang, sayuran hijau gelap, biji bunga matahari, dan avokad.

Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang membuat Anda sedih atau berkontribusi terhadap depresi, seperti gula, alkohol, dan kafein. Serta makanan mengandung gluten, makanan olahan, dan minyak nabati yang diolah secara industri.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala depresi adalah berhubungan dengan alam. Luangkan waktu di luar ruangan sesering mungkin.

Sel-sel dalam tubuh perlu melihat matahari dan bulan, berenang di air asin atau danau, mendengar suara burung di pagi hari, dan merasa dikelilingi oleh pepohonan dan angin sepoi-sepoi.

Ketika Anda berada di luar rumah, di bawah sinar matahari, sesuatu yang luar biasa terjadi pada tubuh dan pikiran. Berdiri di bawah sinar matahari dapat meringankan banyak jenis gangguan suasana hati, termasuk depresi.

Perhatikan juga kegiatan harian, apakah ada yang memicu stres? Jika setiap hari Anda merasa sudah makan sehat, tidur cukup, serta menjalankan ritual untuk relaksasi, tetapi masih saja bangun tidur dalam keadaan tidak tenang, sebaiknya mulailah membuat perubahan.

Tak masalah sekecil apapun perubahan itu. Bisa saja sesederhana mengurangi kegiatan di luar rumah dan lebih banyak bersantai usai pulang kerja, lebih banyak berada di luar ruangan, membuat batasan dalam penggunaan media sosial, dan memperbaiki kualitas hidup.

Anda mungkin perlu menemukan kegiatan yang paling disukai dan berteman dengan orang-orang positif. Mereka akan mendorong Anda untuk menjadi versi diri Anda yang lebih baik. Sedangkan aktivitas yang Anda sukai akan membangun minat dan semangat dalam melakukannya.

Setelah itu, tambahkan olahraga dalam kegiatan harian. Ketika berolahraga, terutama ketika melakukan kardio, tubuh dipenuhi endorfin. Endorfin ini membuat Anda merasa baik secara alami. Anda bisa berlari, berjalan cepat, bersepeda, berenang, atau bersepatu roda setiap hari.

Untuk membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan pikiran, cobalah bermeditasi. Meditasi adalah praktik yang sangat kuat untuk menyembuhkan gangguan tubuh dan pikiran.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR