Apa yang dimaksud dengan penyakit kritis?

Ilustrasi penyakit kritis pada orang tua.
Ilustrasi penyakit kritis pada orang tua. | Author /Beritagar.id

Penyakit kritis atau critical illness merupakan penyakit yang menyebabkan kritis, kronis, atau stadium lanjut sehingga dapat dikatakan tidak dapat atau memiliki harapan kecil bagi penderitanya untuk kembali pulih.

Penyakit kritis menyerang secara perlahan dan membutuhkan waktu yang panjang untuk proses pengobatannya. Tahap penyembuhannya dapat dimulai dari pengobatan medis hingga perubahan gaya hidup dan pola makan.

Jika tidak ditangani dengan cepat, penyakit kritis kerap kali dapat menyebabkan hilangnya kemampuan beraktivitas secara mandiri dan bahkan berujung kematian. Namun ironis, kebanyakan orang atau kita sendiri baru mengetahui kondisi penyakit ketika sudah tahap lanjut atau kritis, padahal sebelumnya merasa dalam kondisi sehat.

Oleh karena itu, persiapan proteksi kesehatan terhadap risiko penyakit kritis menjadi salah satu kebutuhan yang penting, terutama bagi para pekerja berusia produktif. Meskipun telah menerapkan gaya hidup sehat, lingkungan dan faktor eksternal berpotensi membuat penyakit dapat menyerang kapan saja.

Perlindungan terhadap penyakit kritis menjadi penting karena seperti yang kita ketahui biaya pengobatannya sangat mahal. Produk asuransi dengan manfaat tambahan (rider) critial illness dapat menjadi salah satu cara untuk memproteksi diri kita dari segi finansial.

Manfaat tambahan tersebut sangat penting untuk dimiliki karena telah dilengkapi dengan cakupan kriteria penyakit kritis yang lebih luas, sehingga Anda tak perlu khawatir apabila penyakit yang diderita tidak masuk dalam pertanggungan asuransi.

Selain itu, kini manfaat tambahan critical illness telah ditambahkan manfaat untuk menanggung penyakit kritis mulai stadium awal. Kesempatan untuk pulih semakin tinggi karena proses perawatan dapat dilakukan lebih dini dan seluruh biaya pengobatan mulai stadium awal ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Perlu diingat bahwa manfaat ini bersifat tambahan sehingga tidak dapat dibeli terpisah. Anda harus membeli produk asuransi utama terlebih dahulu, seperti asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat ganda, yakni investasi dan proteksi jiwa.

Terakhir, jangan lupa untuk membeli produk asuransi dari perusahaan asuransi yang sudah memiliki reputasi, sehingga Anda bisa mendapatkan produk perlindungan yang menguntungkan serta mendapatkan kemudahan, mulai dari proses pembelian hingga klaim.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR