Apa yang terjadi jika permen karet tertelan

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi makan permen karet
Ilustrasi makan permen karet | Billion Photos /Shutterstock

Banyak orang yang percaya bahwa saat menelan permen karet, maka bisa bertahan di tubuh kita lebih dari tujuh tahun. Tenang, ini hanya mitos.

Memang bahan sintetis permen karet tidak bisa dicerna tubuh, tetapi bukan berarti akan bertahan selama bertahun-tahun dalam tubuh.

Menurut paparan dari Ohio State University, permen karet jarang berada dalam tubuh kita lebih dari seminggu. Hal ini terjadi karena lambung secara berkala mengosongkan isinya.

Setelah bergerak ke usus kecil, akan pindah ke usus besar, dan akhirnya keluar menjadi kotoran. Tubuh membutuhkan hampir 25-26 jam untuk menghilangkan permen karet dari sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, asam dalam perut juga akan memisahkan bahan-bahan tertentu yang digunakan dalam permen karet, seperti gula dan penyedap seperti minyak peppermint akan dipisahkan.

Menurut Edwin McDonald, dokter ahli pencernaan, bila kita menelan permen karet berulang kali, maka bisa menyebabkan bezoar, sejumlah kecil bahan yang tidak dapat dicerna, berpotensi menyebabkan penyumbatan usus.

Bila tubuh gagal menghilangkan permen karet, maka bisa membuat tekanan darah meningkat, dan menyebabkan timbulnya diare, muntah, dan mual, sebagai tanda tubuh sedang mencoba menyingkirkan permen karet. Segera periksakan diri ke dokter bila hal ini terjadi. Selain itu, biasakan membuang permen karet saat rasanya sudah tidak enak di lidah.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR