Apakah air lemon bisa menurunkan berat badan?

Ilustrasi
Ilustrasi
© Asia Images Group /Shutterstock

Air lemon merupakan minuman populer menyehatkan yang juga membantu menurunkan berat badan. Terutama jika dikonsumsi pagi hari setelah bangun tidur. Beberapa seleb mancanegara pernah membuktikan hal tersebut. Gwyneth Paltrow meminumnya untuk detoksifikasi, sedangkan Miranda Kerr meminumnya untuk membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Namun, benarkah demikian? Secara menyeluruh, jawabannya adalah tidak. Mengenai alasannya, berikut penjelasan ilmiah sekaligus keterangan para ahli kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Kesimpulan dini pada penelitian awal

Ditilik awalnya, kepopuleran air lemon sebagai penurun berat badan muncul ketika sebuah penelitian tahun 2008 di Jepang terlalu cepat menyimpulkan hasi risetnya. Periset menemukan, polifenol dalam lemon--mikronutrien dengan sifat antioksidan--dapat merangsang hati menghasilkan enzim yang membantu menghalangi penyerapan lemak. Alhasil, berat badan berkurang dan metabolisme meningkat, walau makan tinggi lemak.

Sayangnya, menurut Dana Hunnes, seorang ahli diet senior di University of California, Los Angeles Medical Center dikutip Time, ada beberapa masalah dalam studi tersebut. Pertama, studi dilakukan pada tikus, bukan manusia.

Kedua, belum ada penelitian lainnya yang teruji klinis. Ketiga, air lemon seringnya dibuat jus tanpa menggunakan kulitnya. Padahal, daun dan kulit lemon terbukti paling banyak mengandung polifenol. Artinya, paling efektif juga menurunkan berat badan. Selain itu, studi pada tikus juga diberi air lemon yang sarat bagian kulitnya.

Efek kandungan lemon sering disalahpersepsikan

Banyak orang berpikir air lemon merupakan solusi utama turun berat badan, karena persepsi dan informasi yang setengah-setengah soal kandungannya. Dengan kata lain, tidak kuat bukti tapi diyakini begitu.

Dua ahli nutrisi profesional Anna Z. Feldman, M.D., dan Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., menjelaskan dalam Self. Menurut mereka, air lemon bagus diminum tiap pagi. Bukan untuk turun berat, tapi cara menyegarkan memulai hari.

Perlu diketahui, air lemon hanya bisa bermanfaat sepenuhnya untuk turun berat ketika dikonsumsi sendirian, dan dalam jumlah banyak. Sementara hal itu tidak mungkin. Lemon baik jika dikonsumsi secukupnya. Sebab tinggi kandungan vitamin C, dan beberapa penelitian mengaitkannya sebagai pencegah obesitas. Padahal tidak juga.

Faktanya, diet lemon berlebihan bisa menimbulkan korosi pada gigi.

Lemon tidak mendetoksifikasi tubuh

Kalau ada yang bilang lemon bagus untuk mendetoksifikasi tubuh, yang erat kaitannya dengan turun berat badan, itu salah besar. Tanpa batuan minum lemon, tubuh mampu mengeluarkan sendiri racun lewat feses dan urin. Memang, asam pada lemon bisa membantu memecah makanan sebagaimana tugas asam lambung. Namun, asam juga memicu mulas, sehingga "berefek samping jika dikonsumsi banyak", kata Feldman.

Air lemon, lebih banyak kandungan airnya

Menurut Elizabeth Dejulius, ahli nutrisi diet dari Cleveland Clinic, meneguk segelas atau dua gelas air lemon tidak akan memberikan banyak manfaat. Apalagi sampai memperbaiki metabolisme.

Kaitannya dengan turun berat badan, air dengan tambahan lemon punya efek yang membuat orang lebih banyak minum. Selain menghidrasi tubuh, banyak minum juga menekan rasa lapar yang dipicu rasa haus. Jadi bukan lemonnya, melainkan airnya lah yang penting.

Dr. Passler, ahli nutrisi Victoria Secret Angels menambahkan, efek air lemon untuk turun berat itu hanya kemungkinan, sedikit, dan tidak langsung. Menurutnya, lemon yang kaya kalium--nutrisi penting untuk metabolisme yang sehat--sering dianggap orang efektif menurunkan berat badan.

Memang benar, kalium membantu mencerna protein dan lemak, sehingga memainkan peran langsung dalam produksi dan bahan bakar otot yang dapat meningkatkan kemampuan membakar kalori. Namun, hanya terjadi jika dikonsumsi cukup banyak, demikian jelasnya dalam NY Mag.

Jadi intinya, teruskan minum lemon jika Anda ingin beralih ke minuman sehat yang juga menyegarkan. Namun jika Anda berharap lemon bisa menurunkan berat badan, sebaiknya mulai cari alternatif lain. Misalnya seperti disarankan Prevention, yakni konsumsi kopi sebelum olahraga, minum segelas air es sehari untuk membakar 100 kalori ekstra, dan tidak melewatkan konsumsi teh hijau.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.