Benarkah obat darah tinggi bisa picu kanker paru-paru

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi kanker paru-paru
Ilustrasi kanker paru-paru | create jobs 51 /Shutterstock

Bagi penderita tekanan darah tinggi, mereka pasti sudah terbiasa rutin minum obat setiap hari agar tekanan darah mereka menjadi stabil.

Namun, penelitian terbaru menyebutkan risiko lain dari konsumsi obat tersebut.

Disebutkan bahwa obat darah tinggi dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan kemungkinannya lebih besar bagi pasien yang lebih lama minum obat tersebut.

Menurut para peneliti dari McGill University di Montreal, Kanada, orang yang minum obat selama lima tahun, 22% lebih mungkin untuk berisiko kanker paru-paru. Sedangkan mereka yang minum obat selama 10 tahun, risikonya meningkat menjadi 31%.

Secara umum, orang yang menggunakan ACE inhibitor—segolongan obat yang menghambat kinerja enzim ACE yang mengatur plasma darah, limfa, dan cairan jaringan tubuh—berisiko dapat mengembangkan kanker sebanyak 14%, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan obat jenis lain.

Para peneliti percaya bahwa obat-obatan tersebut menyebabkan akumulasi bahan kimia, yang disebut bradikinin, di paru-paru sehingga dapat menyebabkan kanker.

Penelitian yang dipublikasikan di BMJ ini, dilakukan dengan meneliti 992 ribu orang dewasa yang diberi resep obat darah tinggi di Inggris antara 1995 dan 2015. Para peneliti mengatakan, mereka perlu melakukan penelitian tambahan untuk menyelidiki mengenai efek dari obat tersebut terhadap kanker paru-paru.

“Meskipun risikonya mungkin tidak terlalu banyak, tetapi perlu dicari alternatif pengobatan lain untuk pasien darah tinggi, terutama mereka yang minum obat untuk jangka waktu yang lebih lama,” tulis penelitian tersebut.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA