RINGKASAN SEPEKAN

Bercinta, matematika, hingga pura-pura sakit

Ilustrasi.
Ilustrasi. | Unikyluckk /Shutterstock

Pekan ini banyak kabar menarik seputar gaya hidup. Mulai dari temuan kecilnya kemungkinan serangan jantung saat hubungan seksual, sampai kondisi psikologis pura-pura sakit yang disebut malingering.

Selain itu, ada lima kabar tak kalah menarik lain yang perlu Anda simak di pekan ketiga November 2017. Selengkapnya sila simak tulisan ini.

Bercinta tidak memicu serangan jantung

Bisakah bercinta menyebabkan jantung tiba-tiba berhenti berdetak?

Pemikiran ini rupanya bercokol di otak sebagian orang, karena maraknya adegan serupa dalam film. Sebut saja Something's Gotta Give, atau serial Mad Men. Di mana salah satu adegannya memperlihatkan tokoh yang sedang bercinta, lalu mengalami gagal jantung.

Akan tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa walaupun hal ini bisa terjadi, kemungkinannya sangat kecil. Mengetahui fakta ini penting untuk mengusir kecemasan bagi mereka yang punya kehidupan seks aktif.

Manfaat mengajarkan matematika pada anak prasekolah

Membaca bersama merupakan bagian penting dari rutinitas malam hari bersama anak. Namun orang tua mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyisipkan matematika dalam keseharian.

Pasalnya, sebuah studi baru menunjukkan bahwa mengajarkan matematika pada anak-anak prasekolah di rumah membantu mereka mempelajari lebih dari sekadar angka. Inilah manfaat mengajarkan matematika pada anak usia prasekolah menurut para ilmuwan.

Mengapa ibu tega membunuh anaknya

Diduga karena sering mengompol, Greinal Wijaya (5) dibunuh oleh ibu kandungnya sendiri, Novi Wanti (26), di kamar kosnya yang berlokasi kawasan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kasus tersebut menurut beberapa psikolog, bisa terjadi karena banyak faktor yang berlaku dalam kehidupan pelaku. Di antaranya faktor kejiwaan, sosial ekonomi, juga lingkungan.

Simak apa kata mereka dalam tulisan ini.

Standar baru tekanan darah diterapkan di AS

Pedoman baru untuk memantau tekanan darah belum lama ini telah dirilis di Amerika Serikat. Isinya mencakup perubahan klasifikasi dan standar tekanan darah tinggi (hipertensi) pada orang dewasa, hingga pemantauan penyakit yang lebih akurat.

Tujuannya membantu pasien hipertensi, agar dapat mencegah dan mengendalikan risiko penyakit lebih dini dengan cara yang tepat. Yakni melalui perubahan gaya hidup, dan sebisa mungkin menekan penggunaan obat.

Pedoman baru ini diselesaikan selama tiga tahun.

Cara meyakinkan orang tua agar mau memvaksin anak

Tidak hanya di Indonesia, gerakan antivaksinasi juga terdapat di negara-negara lain. Bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat (AS).

Di daerah-daerah yang tingkat cakupan vaksinasinya rendah, bermunculan beberapa penyakit yang sebenarnya dapat dengan sangat mudah dicegah oleh vaksin. Itu mengapa para ahli terus mencari tahu cara meningkatkan pengetahuan dan kepedulian para orang tua terhadap pentingnya vaksinasi.

Temuan terbaru dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menawarkan sebuah gagasan kepada komunitas kesehatan, termasuk dokter, untuk menggunakan media sosial sebagai alat intervensi.

Sekolah influencer dibuka di Italia

Influencer adalah orang-orang yang dinilai dapat memengaruhi pembeli potensial suatu produk. Siapa saja bisa jadi influencer, termasuk wartawan, akademisi, penasihat profesional, selebritas. Tentu dengan memperhatikan aturan dan etika profesi yang berlaku.

Pekerjaan seorang influencer adalah membuat konten mengenai produk atau jasa, lalu membagikannya lewat akun media sosial yang mereka miliki di Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Tertarik untuk menjadi influencer? Kini ada sekolah khusus bagi yang berminat pada bidang ini, yaitu Conde Nast Italia's Social Academy. Simak informasinya dalam artikel berikut.

Malingering, pura-pura sakit demi kepentingan pribadi

Setya Novanto, Ketua DPR yang juga Ketua Umum Partai Golkar, mengalami kecelakaan pada Kamis (16/11/2017). Rupanya, berita ini meramaikan media sosial.

Sebagian warganet mengaku tak percaya dengan kecelakaan tersebut. Ada yang menyebut bahwa ini adalah sebuah kecelakaan yang direncanakan untuk menghindari penangkapan atas kasus e-KTP.

Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan itu, dunia psikologi punya istilah tersendiri mana kala seseorang melakukan kesengajaan dalam hal pura-pura sakit, namanya malingering.

Tulisan ini menjelaskan lebih lanjut soal malingering.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR