KESEHATAN MENTAL

Buah dan sayuran mentah lebih baik untuk kesehatan mental

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi buah dan sayuran
Ilustrasi buah dan sayuran | N.F Photography /Shuterstock

Percaya atau tidak, mengonsumsi buah dan sayuran mentah ternyata dapat memperbaiki mood, semangat dalam menjalankan hidup, dan mengusir depresi. Pernyataan ini bukan tanpa dasar. Dilansir Dailymail, sebuah kajian menyebutkan makan wortel dan bayam mentah dapat menangkal depresi karena kedua sayur ini mengandung nutrien penting. Para peneliti mendapatkan buah dan sayur mentah baik untuk untuk kesehatan mental dibanding sayuran yang dimasak, diolah, atau yang diproses dalam kaleng.

Temuan lain juga adalah orang yang rajin makan buah dan sayuran mentah terbukti memiliki tingkat kebugaran jiwanya pun meningkat, termasuk mood positif dan kepuasan hidup. Program kampanye kesehatan sebelumnya biasanya berfokus pada jumlah buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari yang biasanya lima porsi tiap hari.

Namun, penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Selandia Baru mengimplikasikan jika ada hal yang lebih penting yang seharusnya dikampanyekan. "Penelitian kami memfokuskan pada bagaimana mereka mengolah buah dan sayuran yang mereka konsumsi. Ternyata, mereka yang menyantap sayuran dan buah tidak dimodifikasi atau mentah memiliki kesehatan mental yang lebih baik," terang Dr. Tamlin Corner, ketua penelitian dari Universitas Otago.

Dalam kajian yang juga dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology, kebiasaan makan 400 orang dewasa dianalisis. Kisaran umur partisipan ada di 18 hingga 25 tahun, yang dikenal sebagai grup umur yang paling rendah mengkonsumsi buah dan sayuran. Kebanyakan dari mereka memiliki kebiasaan mengolah bayam dan wortel dengan cara memasak. Hanya buah yang dikonsumsi mentah.

Dalam kajian yang hasilnya dipublikasikan di jurnal Frontiers in Psychology ini disebutkan jika kadar nutrisi sayuran hilang pada saat sayuran dimasak atau diolah. "Nutrisi yang hilang itu biasanya nutrisi penting untuk mengoptimalkan fungsi emosional," tambah Dr. Corner.

Metode analisis tim peneliti Dr. Corner dimulai dengan menganalisa kebiasaan mereka mengonsumsi makanan mentah dan matang atau diproses. Kemudian para partisipan ini menjalani beberapa tes dan kuis yang menyangkut kesehatan mental mereka. Faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan mental seperti kebiasaan berolahraga, jam tidur, penyakit kronis, dan pola makan secara keseluruhan dianalisis.

Hasil penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran mentah memiliki gejala penyakit mental yang lebih rendah seperti depresi. Kebugaran jiwa mereka pun lebih baik termasuk mood positif dan kepuasan hidup."Penelitian ini penting dalam menentukan gaya hidup seseorang. Begitu juga saat memilih tipe diet untuk dijalankan sehingga tahu mana yang mudah diakses, aman dan memberi keuntungan untuk memperbaiki kesehatan mental," kata Dr. Corner.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR