GAYA BUSANA

Busana tak terlupakan di Grammy Awards 2019

Cardy B, saat berpose di karpet merah Grammy Awards 2019, Minggu (10/2/2019) waktu setempat.
Cardy B, saat berpose di karpet merah Grammy Awards 2019, Minggu (10/2/2019) waktu setempat. | Nina Prommer /EPA-EFE

Malam perhelatan Grammy Awards kembali digelar pada Minggu (10/2/2019) waktu Los Angeles, Amerika Serikat, atau Senin pagi (11/2) WIB. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara penghargaan di Staples Center, yang menginjak tahun ke-61 itu sukses menyedot perhatian masyarakat.

Tak hanya dari sisi acara yang dinanti, tapi para undangannya pun mampu membuat ceritanya sendiri dengan busana yang dikenakan. Beberapa di antaranya bahkan masuk ke dalam daftar undangan dengan busana paling tak terlupakan.

Cardi B di dalam kerang

Penyanyi yang tersohor berkat lagu "Bodak Yellow" ini melenggang di karpet merah dalam balutan pakaian bak kostum negeri dongeng. Hal yang tak mengherankan untuk dikenakan olehnya.

Cardi B hadir dalam rancangan Thierry Mugler koleksi Musim Gugur 1995. Diameternya yang cukup besar membuatnya harus dibantu oleh publisis, penata gaya, serta pengawalnya ketika memasuki area karpet merah. Sepintas, gaun itu tampak seperti kerang yang menganga.

Refinery29 pun setuju akan ide ini, mereka menyebut Cardi B seperti mutiara yang berada dalam kerang besar. Perhiasan serba mutiara koleksi Gismondi 1754 yang dikenakannya pun seolah mengesahkan teori tersebut.

Cardi B tak hanya menarik perhatian dari gaun yang dikenakannya, malam itu perempuan bernama asli Belcalis Marlenis Almánzar ini juga sukses menggondol piala sebagai penyanyi rap terbaik.

Jennifer Lopez dan topi lebarnya

Dikritik soal penampilan memang bukan hal baru bagi perempuan bernama lengkap Jennifer Lynn Lopez itu. Namun, kali ini busana yang dikenakannya sampai harus masuk ke dalam daftar pakaian terburuk dalam Grammys 2019 versi Cosmopolitan dan beberapa media lainnya.

J.Lo mengenakan gaun karya Ralph & Russo berwarna keperakan dengan taburan banyak bebatuan. Lalu, yang dianggap paling mengganggu adalah topi superlebarnya yang terbuat dari bahan suede dan juga bertabur kristal.

Topi tersebut menutup setengah wajahnya, serta menghalanginya untuk berpelukan dengan tamu lainnya di sana.

Kylie Jenner dalam balutan yang salah

Momen malam penghargaan ini mungkin bukan waktu yang tepat bagi pengusaha kosmetik tersebut untuk tampil. Buktinya, namanya masuk dalam jajaran undangan berpenampilan terburuk dalam sejumlah media.

Bukan salah gaun rancangan Balmain, tapi mengutip Mirror, terusan model celana yang dikenakannya seperti tak menemukan letak yang tepat. Bahkan setelah ditambahkan ikat pinggang. Aksesori berupa sarung tangan berwarna pink pucat yang senada pun hanya menambah kecanggungan.

Post Malone serba merah muda

Penyanyi rap asal Amerika Serikat itu memang dikenal tak pernah ragu dalam padu padan baju. Beruntung, pilihannya kali ini berhasil memukau banyak hati, termasuk Vox yang menobatkannya sebagai busana terbaik.

Musisi pengisi lagu tema Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) itu mengenakan setelan berwarna merah muda mirip salmon. Setelan berupa jaket dan celana panjang lengkap dengan sepatu bot senada rancangan Catherine Hahn itu dibuat meriah dengan taburan bintang-bintang keperakan di sana-sini.

Hari itu dia dinominasikan untuk Penampilan Rap / Sung Terbaik, Penampilan Solo Pop Terbaik, Album Tahun Ini dan Rekam Tahun Ini, dan kali ini dia juga didaulat untuk tampil di panggung Grammy Awards 2019.

Katy Perry dengan gaun ilusi

Penampilan Katy Perry terlihat manis dengan nuansa serba merah muda, warna yang sama yang dikenakan Kylie Jenner dan Post Malone.

Gaun yang dipakai merupakan rancangan Balmain. Bagian atasnya tampak keperakan, lalu seolah memudar dan berganti warna menjadi merah muda, seperti sulap. Cosmopolitan pun menyebutnya sebagai gaun paling Seussian, atau bagai ilusi ciptaan Dr. Seuss.

Namun, gaun ini tampaknya masih jadi perdebatan panjang untuk masuk kategori sangat bagus atau sangat buruk. Sebab ada yang menganggapnya cantik mirip boneka Barbie, seperti Elle. Tak sedikit pula yang menganggap gaun tersebut terlalu buruk karena bagian bawahnya yang menggembung seperti kue mangkok.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR