KESEHATAN

Cara-cara mengatasi alergi debu

Alergi debu
Alergi debu | Orawan Pattarawimonchai /Shutterstock

Debu di sekitar rumah bisa memicu alergi. Namun, tak perlu khawatir sebab kondisi ini bisa diatasi sendiri.

Alergi debu adalah reaksi alergi terhadap serangga kecil yang umumnya hidup dalam debu rumah. Ketika mengalami alergi debu, Anda bisa merasakan berbagai gejala seperti pilek, batuk, mata gatal juga merah, dan sesak napas.

Meski tungau debu sulit dihilangkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergen secara efektif.

Minyak esensial eucalyptus atau lavender

Anda butuh tiga sampai empat tetes minyak esensial eucalyptus lalu tambahkan ke diffuser dan hirup uapnya. Lakukan ini satu hingga dua kali sehari. Minyak esensial ini memiliki sifat menenangkan dan antiinflamasi sehingga efektif dalam meredakan alergi.

Selain minyak esensial eucalyptus, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lavender dengan cara yang sama. Lavender memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik dan dapat digunakan untuk meredakan gangguan pernapasan seperti alergi debu.

Dehumidifier

Alergi debu sering disebabkan oleh tungau debu ditambah jamur, yang keduanya tumbuh subur dalam kondisi lembap. Oleh karena itu, dehumidifier adalah cara terbaik untuk meredakan alergi debu dan gejalanya secara efektif.

Probiotik

Dalam beberapa kasus, gejala alergi adalah akibat dari ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat menyebabkan reaksi yang lebih parah terhadap rangsangan asing, seperti serbuk sari, debu, dan rumput.

Probiotik memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh dengan memasukkan bakteri menguntungkan ke dalam saluran pencernaan. Sumber probiotik yang baik dapat ditemukan dalam makanan fermentasi, seperti kimchi dan kombucha.

Filter udara

Filter udara juga memainkan peran utama dalam menyaring dan memurnikan udara di sekitar Anda.

Dengan teknologi canggih, alat ini bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Semakin halus saringan filter, semakin kecil partikel yang dapat dijebaknya. Menggunakan filter udara juga dapat membantu meringankan penyakit pernapasan alergi.

Cuka apel

Minumlah campuran dua sendok teh cuka apel ke dalam segelas air hangat dua hingga tiga kali sehari.

Sifat antiinflamasi dalam cuka apel, bersama dengan sifat ekspektorannya, cukup membantu dalam meredakan alergi debu dan gejala-gejala seperti dingin yang menyertainya.

Cuka apel juga memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah pemburukan alergi. Ini adalah pengganti alami untuk antihistamin yang digunakan untuk mengobati alergi debu.

Lidah buaya

Seperempat cangkir jus lidah buaya dua kali sehari dapat mengatasi kondisi alergi debu. Analgesik dalam lidah buaya mampu meredakan pembengkakan dan rasa sakit yang disebabkan alergi debu.

Perubahan pola makan

Pola makan berperan penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini berkontribusi dalam bagaimana tubuh menangani alergi. Semakin sehat, semakin baik respons tubuh.

Beberapa orang menemukan ada makanan tertentu yang dapat memicu alergi lebih intens, seperti nanas, mentimun, biji bunga matahari, melon, gula, pisang, kerang, dan kedelai. Bila makan ini memicu alergi, sebaiknya hindari.

Teh peppermint

Teh peppermint adalah salah satu herbal paling efektif untuk mengobati alergi debu terutama karena sifatnya antiinflamasi dan dekongestan.

Peppermint juga mengandung minyak atsiri yang disebut mentol yang bertindak sebagai dekongestan alami dan dapat membantu memberikan bantuan segera dari bersin dan hidung tersumbat.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR