Cara memegang cangkir kopi yang benar

Hal yang terkesan sepele namun berguna dalam keseharian. Terutama bagi peminum kopi rutin.
Hal yang terkesan sepele namun berguna dalam keseharian. Terutama bagi peminum kopi rutin. | Evgeniy Agarkov /Shutterstock

Dari sekian banyak topik penting yang ada di dunia ini, ada beberapa ilmuwan yang justru tertarik mengulik secangkir kopi. Tepatnya bagaimana cara memegang cangkir, juga membawanya agar kopi tak gampang tumpah.

Hal yang terkesan sepele namun berguna dalam keseharian. Terutama bagi peminum kopi rutin.

Lewat sebuah riset berjudul A Study on the Coffee Spilling Phenomena in the Low Impulse Regime yang dipublikasikan dalam jurnal Achievements in Life Sciences, para peneliti Korea Selatan mencoba menemukan cara memegang cangkir kopi dengan efisien. Yakni, dengan posisi tangan mencengkeram bagian atas cangkir, bukan memegang gagangnya.

"Jarang sekali kita membawa-bawa secangkir kopi tanpa menumpahkannya. Malah, saking wajarnya kejadian ini, kita cenderung tidak mempertanyakan penyebabnya," tulis periset Jiwon Han dilansir The Telegraph.

Dengan mengukur frekuensi osilasi dalam cangkir kopi, Han dapat mendeteksi perbedaan signifikan dalam tumpahan kopi, antara saat cangkir dipegang di bagian gagang, dan dicengkeram bagian atasnya. "Karena besarnya percepatan dalam model cengkeraman secara signifikan lebih kecil, postur mencengkeram cenderung tidak menumpahkan kopi," jelas Han.

Bukan hanya soal cengkeraman, Han juga menyarankan Anda untuk berjalan mundur saat sedang membawa secangkir kopi. "Karena tidak terbiasa berjalan mundur, gerakan kita menjadi tidak teratur, tubuh jadi sangat tergantung pada gerakan berayun ke samping untuk menjaga keseimbangan," urai Han dikutip Munchies.

Temuan kedua Han itu lebih sulit dipraktikkan ketimbang hasil riset Rouslan Krechetnikov dari University of California, Santa Barbara pada 2012. Dalam riset tersebut, Krechetnikov dan tim riset juga mengulik apa yang menyebabkan kopi tumpah saat cangkirnya dibawa jalan-jalan.

Mereka menemukan bahwa, sekadar berjalan biasa saja sudah menyebabkan goncangan atau osilasi dalam cangkir kopi, apalagi jika ada gangguan. Karena itu, Krechetnikov menyimpulkan solusi terbaik agar kopi tidak tumpah adalah dengan berjalan perlahan.

Lain kata riset, lain pula kata pakar etiket soal cara memegang cangkir kopi. T+L mengutip pakar etiket Myka Meier, menyatakan ada cara yang benar untuk memegang cangkir kopi.

Lingkarkan jari telunjuk Anda pada gagang cangkir, letakkan jempol di bagian atas gagang. Posisikan tiga jari tetap di bagian bawah. Jangan lupa untuk menjaga posisi cangkir pada arah jam tiga agar bekas lipstik--jika Anda menggunakannya--tetap di tempat yang sama.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR