FINANSIAL

Cara mudah kelola keuangan pribadi

Mengelola keuangan
Mengelola keuangan | NOBUHIRO ASADA /Shutterstock

Sudah mulai mengalami kondisi ketika tiap bulan tidak ada gaji tersisa untuk keperluan lain atau untuk investasi? Ini adalah tanda yang menunjukkan bahwa kamu kurang lihai mengelola keuangan pribadi.

Padahal, mengelola keuangan pribadi bukan perkara sulit bila Anda tahu apa yang harus dilakukan. Syarat pertama, mulailah saat ini juga. Mengutip Lifehack, kesalahan terbesar orang terkait keuangannya adalah, tidak menabung dan investasi sedini mungkin.

Atau, menabung terlalu sedikit dan memiliki gaya hidup yang tidak seimbang dengan pendapatan. Namun tenang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk memulai mengatur keuangan pribadi itu dengan cara mudah ini.

Pertama, tentukan instrumen keuangan yang sesuai tujuan keuangan yang Anda punya. Untuk kepentingan jangka pendek misalnya, pilih deposito karena mampu memberi bunga lebih tinggi dari tabungan.

Untuk jangka panjang, pilih emas, reksa dana, saham, properti maupun investasi langsung dalam bisnis. "Jangan tempatkan semua investasi dalam satu tempat," kata pakar investasi Warren Buffett.

Alasannya, bila suatu saat investasi ada yang turun, Anda bisa responsif mengambil tindakan. Kemudian, dana darurat juga tak kalah penting. Sebelum melakukan investasi dan lainnya, siapkan terlebih dahulu dana darurat senilai tiga sampai enam bulan pengeluaran rutin bulanan.

Dana ini akan berguna sebagai bantalan bila terjadi hal tidak diinginkan. Begitu terpakai, jangan lupa untuk mengisinya kembali. Untuk dana darurat, simpan pada rekening yang berbeda dari pengeluaran harian.

Lalu, untuk bagaimana dengan keperluan gaya hidup atau liburan? Tentukan kapan Anda ingin berlibur. Sebelum mencapai tanggal liburan, Anda bisa menabung terlebih dahulu sedikit demi sedikit.

Terakhir, bila ada utang, misalnya cicilan rumah atau kendaraan, pastikan porsinya tidak lebih dari 25% pendapatan bersih bulanan. Demikian, kamu masih bisa menikmati hidup. Belum lagi, kenaikan gaji tahunan juga pada akhirnya membuat alokasi 25% itu terasa ringan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR