Cari berkah dari barang pusaka

Pencucian benda pusaka dan perangkat Gamelan Mbah Bandong mewarnai peringatan Maulid Nabi 1434 Hijriah di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013)
Pencucian benda pusaka dan perangkat Gamelan Mbah Bandong mewarnai peringatan Maulid Nabi 1434 Hijriah di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013) | Adi Marsiela/Beritagar

Beragam cara dilakukan orang untuk memperingati Maulid Nabi atau hari lahir Nabi Muhammad SAW. Lembaga Adat Sasaka Waruga Pusaka, misalnya, memperingatinya setiap tanggal 12 Rabiul Awal dengan menggelar acara Ngarumat Barang Pusaka atau mencuci barang pusaka di Situs Bumi Alit Kabuyutan, rumah adat sunda di perbatasan Desa Batukarut dan Desa Lebakwangi, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/1/2013).

Salah satu barang pusaka yang dicucidalam ritual setahun sekali itu adalah Gamelan Mbah Bandong. Air cucian diperebutkan oleh masyarakat yang datang. “Air dan kembang yang dipakai mencuci itu bisa buat obat. Kita minta sambil berdoa, kalau percaya bisa terwujud,” kata Wausilah, 54 tahun, salah seorang pengunjung kepada Beritagar.

Adi Marsiela

Benda pusaka yang sudah dicuci kembali digulung dengan kain kapas dan kapas di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013)
Benda pusaka yang sudah dicuci kembali digulung dengan kain kapas dan kapas di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013) | Adi Marsiela/Ant
Pemuka adat mencuci benda pusaka dalam ritual Ngarumat Barang Pusaka di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013)
Pemuka adat mencuci benda pusaka dalam ritual Ngarumat Barang Pusaka di situs Bumi Alit Kabuyutan, Desa Batukarut, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (24/1/2013) | Adi Marsiela/Beritagar
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR