PIALA OSCAR

Daniel Kaluuya pakai alas bedak dan gel alis di Oscar

Daniel Kaluuya saat tiba di perhelatan akbar Oscar yang diadakan di Dolby Theatre di Hollywood, California, Amerika Serikat (4/3/2018).
Daniel Kaluuya saat tiba di perhelatan akbar Oscar yang diadakan di Dolby Theatre di Hollywood, California, Amerika Serikat (4/3/2018). | PAUL BUCK /EPA

Malam penghargaan Academy Awards ke-90 telah usai. Namun, kemeriahan acara yang populer dengan nama Oscar ini masih terasa hingga kini.

Banyak hal menarik yang jadi sorotan dalam acara yang digelar di Dolby Theatre di Hollywood, California, Amerika Serikat (4/3/2018) itu. Misalnya saja penampilan para pesohor yang hadir di sana.

Salah satu yang jadi perhatian adalah Daniel Kaluuya. Pesohor yang masuk nominasi Aktor Terbaik di Oscar lewat film Get Out ini tampil dengan kulit mulus tanpa cela di acara tersebut.

Tak lama diketahui bahwa pemeran W'kabi dalam film Black Panther ini mengenakan sejumlah riasan pada wajahnya demi tampil paripurna di malam Oscar.

Hal tersebut diketahui setelah akun jenama kosmetik Fenty Beauty mengunggah foto lelaki 29 tahun itu di akun Instagram dan Twitter resminya.

Kosmetik yang digunakan berupa alas bedak, padahal--seperti dilansir Allure--para aktor lain paling maksimal hanya dirias dengan bedak tabur untuk melenyapkan kilap di dahi ketika harus tampil di karpet merah.

Dalam unggahan itu, Kaluuya disebut mengenakan dua warna alas bedak keluaran jenama milik penyanyi Rihanna ini, yakni nomor 480 dan 490 yang cocok untuk kulit gelap.

Dari sana pula diketahui bahwa Daniel Kaluuya dirias oleh penata rias andalannya, Amber Amos.

"Inspirasinya adalah Oscar. Saya ingin dia ada di sana dan menjadi emas, saya ingin dia bersinar," sebut sang penata rias dalam wawancaranya dengan Billboard.

Tak salah, sebab tahun ini memang menjadi momen emas bagi Daniel Kaluuya. Aktor berdarah Uganda ini untuk pertama kalinya ada di jajaran para nominasi Aktor Terbaik, bersama dengan Denzel Washington, Gary Oldman, Timothee Chalamet, dan Daniel-Day Lewis.

"Bagian terpenting ialah mempersiapkan kulit dan memastikan kulitnya terhidrasi dengan baik karena pada kenyataannya kebanyakan lelaki tak terlalu memiliki rutinitas perawatan kulit," jelas Amos lagi.

Embed from Getty Images

Untuk mencapai tampilan kulit paripurna ini, Amos terlebih dahulu memakaikan pelembap bibir dan tubuh merek Paula's Choice. Setelah itu, ia membersihkan dan menyegarkan kulitnya dengan Kiehl's Oil-Free Toner. Kulit Kaluuya juga sempat dibersihkan secara mendalam dengan Kate Sommerville's Clinic to Go Resurfacing Peel Pads.

Bagian mata lelaki kelahiran London, Inggris ini juga dipakaikan Kiehl's Facial Fuel Eye De-Puffer danKate Somerville's Dermal Quench Liquid Lift untuk membuatnya terlihat lebih kencang dan segar.

Tak selesai sampai di situ, Kaluuya harus mengenakan pelembap Kiehl's Men's Oil Eliminator 24 Hour Anti-Shine. Setelah itu barulah Fenty Beauty Pro Filt'r Soft Matte Longwear Foundation nomor 480 dan 490 disapukan tipis menggunakan kuas Stila's One Step Complexion nomor 33.

Selanjutnya agar tak tampak mengilap, Amos menyemprotkan Kiehl's Men's Oil Eliminator Refreshing Shine Control Spray Toner, diikuti dengan menepuk lembut spons penyerap minyak merek Beautyblender.

Sesaat sebelum melangkah di karpet merah, Amos kembali memulas pelembap bibir. Ia juga menyikat alis Kaluuya dengan produk Anastasia Beverly Hills Clear Brow Gel, sebab menurut Amos alis yang tampak turun akan membuat Anda terlihat marah dan aneh.

Tak butuh waktu lama, Amos hanya memerlukan 30 menit untuk mengaplikasikan seluruh rangkaian riasan ke wajah Daniel Kaluuya.

Berita ini membuat Daniel Kaluuya disebut-sebut berhasil mematahkan stigma tentang lelaki dan riasan. Penampilannya pun mendapat pujian dari berbagai media kecantikan juga warganet.

Amber Amos yang sudah hampir setahun jadi perias kepercayaan Kaluuya juga menyebutkan bahwa kliennya adalah sosok yang rendah hati. Pengaplikasian riasan dilakukannya hanya untuk membuat Kaluuya tak tampak berwajah letih, karena ia benar-benar sedang melakukan banyak hal.

Perempuan justru tak berias

Sementara itu, peraih Aktris Terbaik Frances McDormand justru tampil tanpa riasan. Seperti disebutkan dalam ulasan Vogue, McDormand tampil sangat natural tanpa riasan yang melekat pada kulitnya.

Tak ada bedak tebal, lipstik tegas atau pipi merona. Bisa jadi satu-satunya kosmetik yang dikenakan McDorman hanyalah sedikit gel untuk menata rambutnya.

Hal ini rupanya juga sudah beberapa kali terjadi di karpet merah. Sebelumnya ada Alicia Keys yang sudah beberapa tahun belakangan memutuskan meninggalkan riasan. Ia tampil di Grammy Awards 2018 dengan hanya menyikat alis dan melembapkan bibirnya.

Lalu ada Jennifer Garner, Paris Jackson bahkan Kim Kardashian yang pernah sengaja tampil tanpa riasan di beberapa perhelatan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR