Diet mediterania jadikan tidur lebih nyenyak

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur | Maksym Povozniuk /Shutterstock

Diet Mediterania dikenal mampu menurunkan berat badan dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Namun, ternyata selain itu masih ada manfaat lain dari diet ini, yaitu membuat waktu tidur di malam hari lebih lama dan nyenyak.

Para ilmuwan asal Yunani mangatakan, menjalani diet Mediterania dapat membantu orang tidur lebih lama setiap malam.

Mereka orang-orang menjadi tidur lebih nyenyak setelah makan lebih banyak buah zaitun, ikan, dan buah-buahan musiman—yang merupakan bagian utama dari menu diet tersebut.

Sebuah teori dari para ilmuwan menyebutkan bahwa diet Mediterania secara potensial membantu memerangi penyakit serius, seperti hipertensi, yang dapat memengaruhi tidur, sehingga dengan teratasinya penyakit tersebut maka waktu tidur menjadi lebih banyak.

Namun, ada juga yang bilang bahwa beberapa makanan dalam menu diet Mediterania merupakan sumber baik untuk melatonin, yaitu hormon yang memberitahu otak saatnya untuk istirahat dan tidur, dan juga memengaruhi ritme sirkadian atau jam internal tubuh.

“Beberapa makanan yang ada dalam pola diet Mediterania, seperti zaitun, beberapa jenis ikan, dan buah-buahan musiman, adalah sumber melatonin yang baik untuk tubuh,” ujar Dr. Mary Yannokoulia, salah satu dari tim peneliti.

Waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan karena kualitas tidur yang buruk terkait dengan tingkat peradangan dan oksidasi tinggi yang membahayakan sel dalam tubuh. Nutrisi dan mineral dalam diet Mediterania sebenarnya juga telah terbukti dapat memerangi proses tersebut, yang menambah satu lagi poin plus pada diet ini.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA