Diet Mediterania turunkan risiko kanker payudara

Minyak zaitun banyak manfaatnya untuk kesehatan
Minyak zaitun banyak manfaatnya untuk kesehatan | pixabay /www.pixabay.com

Jumlah penderita kanker payudara di Indonesia termasuk tertinggi di antara jenis kanker lainnya. Sistem Informasi (SIRS) mencatat total pasien rawat jalan maupun rawat inap pada kanker payudara yaitu 12.014.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa diet mediterania dengan menambahkan minyak zaitun dapat menurunkan risiko kanker payudara. Diet mediterania adalah pola makan yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr Miguel A Martinez-Gonzalez dari University of Navarra, Pamplona, Spanyol, perempuan yang melakukan diet mediterania yang ditambahkan minyak zaitun memiliki risiko 62 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Penelitian ini melibatkan 4.282 perempuan Spanyol berusia 60-80 tahun. Para perempuan tersebut memiliki riwayat dibetes tipe 2, atau risiko terkena penyakit kardiovaskuler seperti merokok, hipertensi, kelebihan berat badan atau kolesterol yang tinggi.

Para perempuan dibagi ke dalam dua kelompok, pertama mereka yang diberikan minyak zaitun sedangkan kelompok yang lain ditambahkan berbagai kacang-kacangan. Setelah lima tahun (2003-2009) ditemukan 35 kasus kanker payudara dari kedua kelompok.

Setelah diteliti lebih jauh, perempuan yang melakukan diet Mediterania dengan menambahkan minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Menurut Dr. Miguel Martinez-Gonzalez minyak zaitun kaya senyawa yang disebut polifenol dan memiliki efek anti-kanker.

Bagi Anda yang ingin menerapkan diet mediterania ini, ada baiknya mengenal daftar makanan yang direkomendasikan. Misalnya, kacang-kacangan, minyak zaitun hingga makanan yang rendah asupan lemak untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR