Dukungan BTS terhadap masa depan generasi muda di dunia

BTS saat menghadiri Billboard Music Award 2018 di MGM Garden Arena, AS (20/5/2018).
BTS saat menghadiri Billboard Music Award 2018 di MGM Garden Arena, AS (20/5/2018). | Nina Prommer /EPA-EFE

Gelombang Hallyu masih terus menebarkan pesona dan fenomena di dunia hiburan dunia. Hal ini dibuktikan dengan rangkaian prestasi dari kelompok vokal asal Korea Selatan, BTS.

Pada bulan Mei lalu, album BTS yang bertajuk Love Yourself: Tear berhasil memuncaki Billboard 200.

Selanjutnya, kelompok vokal yang beranggotakan tujuh personel ini mencetak rekor mengejutkan di situs pengaliran video YouTube.

Video musik terbaru mereka yang berjudul “Idol” dilihat 45 juta kali dalam 24 jam pertama setelah dirilis ke publik pada Jumat (24/8/2018).

Sebelumnya, video musik BTS, “Fake Love”, juga menunjukkan angka yang terbilang cukup fantastis, yakni ditonton sebanyak 35,9 juta kali saat diluncurkan secara perdana.

Pencapaian kelompok vokal yang juga dikenal dengan nama Bangtan Boys ini tak hanya sebatas dalam lingkup hiburan dan musik.

Kini, BTS mendapatkan kehormatan untuk menghadiri Sidang Umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat (AS) pada 28 September 2018 mendatang.

Nantinya, semua anggota BTS akan berbicara di depan majelis bergengsi tersebut selama tiga menit.

Mereka akan mempresentasikan kampanye Generation Unlimited, program kerjasama terbaru dengan UNICEF.

Program tersebut merupakan kolaborasi antara United Nations Children’s Fund (UNICEF) dengan sejumlah partner yang fokus menggalang serta meningkatkan investasi dalam mengembangkan peluang dan kesempatan untuk anak-anak hingga remaja, mulai dari usia 10 hingga 24 tahun.

Tujuan dan konsentrasi utamanya adalah menyediakan bimbingan sekaligus konsultasi pada anak-anak yang memasuki masa transisi menuju dunia remaja.

Sejumlah tokoh diplomat penting, seperti Sekretaris Jenderal PBB, Antonio, Guterres, Direktur Eksekutif UNICEF, Henrietta Fore, dan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Jung Sook, dipastikan bakal menghadiri sidang umum tersebut.

BTS merupakan kelompok vokal dari Korea Selatan pertama yang melakukan presentasi di Sidang Umum PBB.

Tahun lalu, BTS juga bekerjasama dengan komite PBB di Korea untuk mendukung kampanye anti-kekerasan yang diberi nama Love Myself.

BTS menyumbangkan tiga persen dari penjualan album fisik edisi Love Your Self untuk program UNICEF tersebut.

Kampanye Love Myself bertujuan untuk menyebarkan kasih sayang, cinta, dan perlindungan yang lebih baik untuk semua orang, terutama anak-anak dan remaja.

Selain itu, BTS juga mendukung kampanye End Violence dengan program pemberian penyuluhan, bantuan fisik, dan konsultasi khusus generasi muda agar dapat menjalani kehidupan yang aman dan sehat tanpa rasa takut melawan kekerasan atau ketidakadilan.

Dukungan yang diberikan BTS dan label musik, Big Hit Entertainment, terhadap kampanye Love Yourself adalah kerjasama selama dua tahun dengan komite Korea untuk UNICEF.

Kerjasama dengan BTS ini disebut yang paling lama yang pernah dijalin antara UNICEF dengan selebritas asal Korea Selatan.

Kabarnya, dana yang berhasil dikumpulkan mencapai $1,03 juta AS.

Fore secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada BTS dan seluruh penggemarnya yang disebut dengan istilah A.R.M.Y (Adorable Representative M.C for Youth).

“Kalian sudah mengumpulkan $1 juta AS untuk program kami dalam melawan kekerasan pada anak-anak dan remaja. Kampanye Love Myself membuktikan bahwa generasi muda di dunia bisa saling bersama-sama membuat perubahan,” tulis Fore.

“Dari musik kalian dan pesan-pesan positif kalian serta donasi kalian telah memperlihatkan kekuatan dari sebuah niat baik. Kami di UNICEF sangat berterima kasih,” imbuhnya.

Dana tersebut juga dimanfaatkan oleh UNICEF untuk melindungi serta memberikan dukungan kepada anak-anak serta remaja korban kekerasan rumah tangga, kekerasan di sekolah, dan pelecehan seksual.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR