BUDAYA DIGITAL

Efek buang air besar sembari main gadget

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi bermain gawai dalam toilet
Ilustrasi bermain gawai dalam toilet | George Rudy /Shutterstock

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada buang air besar (BAB) sambil baca buku, surat kabar, atau chatting di ponsel.

Perut terasa lega, keinginan untuk mengetahui gosip-gosip terkini pun tersalurkan. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan BAB sambil membawa ponsel itu tidak baik untuk kesehatan?

Semakin lama waktu yang Anda habiskan untuk duduk di toilet, semakin besar kemungkinan Anda mengalami gangguan kesehatan.

Pertama-tama, semakin lama duduk di toilet, semakin besar tekanan dan ketegangan pada bokong yang menyebabkan haemorrhoids (varises pada dubur) atau wasir.

Kedua, duduk terlalu lama di toilet bisa membatasi aliran darah ke area dubur sehingga membuatnya makin parah.

Biasanya, banyak orang membawa gawai kala BAB untuk membaca berita, bermain gim, melihat media sosial, dan sebagainya. Hal ini membuat Anda menghabiskan waktu lebih lama di dalam toilet. Kondisi ini meningkatkan Anda mengalami sembelit yang memicu wasir.

Sembelit membuat Anda harus mengejan ketika akhirnya ingin BAB dan ini bisa menimbulkan perdarahan akibat feses terlalu keras. Anda pun butuh serat lebih banyak untuk membantu melapangkan “jalan keluar” ini.

Jika Anda membaca berita atau update media sosial di ponsel, hal itu bisa memberikan efek yang lebih buruk.

“Anda bisa menemukan ratusan bakteri pada ponsel. Kebanyakan memang tidak berbahaya, tapi banyak juga patogen yang berpotensi membuat Anda sakit,” kata ahli mikrobiologi Jason Tetro.

Padahal, banyak permukaan kamar mandi, seperti dudukan toilet, pegangan pintu, wastafel, atau keran air, yang terpapar kuman. Belum lagi bakteri dari saluran pencernaan yang kebanyakan dari percikan feses.

Menurut Tetro, patogen dari feses ini meliputi bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, dan Acinetobacter baumannii penyebab infeksi pernapasan yang menular.

Dengan adanya bakteri di permukaan kamar mandi ini, risiko terjadinya kontaminasi yang lebih besar dari ponsel pun makin besar.

Meskipun Anda sudah sangat berhati-hati, pastikan Anda sudah menyingkirkan ponsel sebelum meraih tisu dan tidak menyentuh ponsel lagi sampai Anda mencuci tangan.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR