Efek buruk meniru gaya rambut Ariana Grande setiap hari

Ariana Grande menghadiri jumpa press "Hairspray Live" di Universal Studio, AS, pada November 2016.
Ariana Grande menghadiri jumpa press "Hairspray Live" di Universal Studio, AS, pada November 2016. | Kathy Hutchins /Shutterstock

Meniru gaya rambut kuncir tinggi ala Ariana Grande bisa menjadi “mimpi buruk” untuk kesehatan Anda. Apa pasal?

Salah satu musisi yang tengah naik daun, Camila Cabello, menulis status pada akun Twitter resminya mengatakan, kepalanya luar biasa sakit setelah menguncir tinggi rambutnya seperti gaya khas Grande.

Kemudian, sang pelantun One Last Time tersebut membalas bahwa dirinya juga merasakan sakit yang dialami Cabello secara konstan, tetapi dia tidak memedulikannya.

Gaya mengikat rambut seperti Grande di Indonesia dikenal dengan istilah kuncir kuda, yakni seluruh rambut ditarik ke belakang dan diletakkan agak tinggi di atas kepala dengan ikatan yang kencang.

Menurut pakar, rasa sakit kepala yang dirasakan kedua penyanyi asal Amerika Serikat (AS) bukan bualan.

Sebab, gaya rambut kuncir kuda memang bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman dan sakit di kepala Anda.

Pakar bahkan tidak menyarankan untuk dikenakan setiap hari dalam durasi waktu yang lama.

Menurut Samantha B. Conrad, M.D, Clinical Pratice Director, Northwestern Memorial Hospital Group, AS, gaya rambut kuncir kuda menciptakan beban pada folikel rambut.

American Academy of Dermatology (AAD) menerangkan bahwa folikel rambut adalah kantung kecil pada kulit kepala yang mengelilingi akar rambut. Saraf dan pembuluh darah di kulit kepala mendistribusikan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan akar rambut untuk tumbuh.

Jadi, saat rambut ditarik ke belakang dan diikat sangat kencang, menempatkan helaian serta akar rambut pada posisi tegang.

“Helaian dan akar rambut berada pada posisi seperti tercekik ketika Anda menarik serta mengikatnya terlalu kencang,” ujar Dr Conrad.

Dia menambahkan bahwa tekanan pada folikel rambut bisa menyebabkan masalah kesehatan kepala yang permanen.

“Efek permanen dari traksi (tekanan) kronis pada rambut adalah terjadinya kerontokan,” terang Dr Joshua Zeichner, M.D, seorang dermatolog bersertifikasi dan direktur Mount Sinai Medical Centre untuk departemen riset kosmetik dan penyakit kulit di AS.

AAD mengungkapkan, tipe gangguan kerontokan rambut yang umum dialami dari penarikan rambut yang konsisten adalah alopecia.

Alopecia adalah kondisi kebotakan karena jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari rambut yang tumbuh.

Sebenarnya, terhindar dari kondisi tersebut sangat mudah. Jadi, apabila rambut sudah mengalami kerontokan setelah keseringan diikat begitu kencang, segera hentikan kebiasaan tersebut.

“Masalah rambut rontok mudah dihentikan atau dihindar, tetapi karena kebiasaan buruk yang terus menerus bisa menjadikannya permanen,” kata Dr Temitayo Ogunleye, seorang asisten profesor dermatology di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, AS.

Gaya kuncir kuda yang kencang, kata Dr Ogunleye, juga meningkatkan risiko terkena sakit kepala reguler.

“Penyebabnya karena tekanan dari ikatan rambut yang terlalu kencang. Tubuh Anda akan bereaksi terhadap hal-hal yang menghadirkan rasa tidak nyaman. Salah satunya kepala sering sakit dan mudah pusing,” tutur Dr Conrad.

Para pakar memberikan solusi untuk Anda yang terlanjur nyaman dan menyukai gaya ikatan rambut ala Grande ini.

Masalah terjadi, tambah Dr Conrad, bukan karena gaya ikatan rambut tetapi tekanan kuat pada folikel rambut yang sangat kencang yang menimbulkan efek buruk.

“Cobalah untuk mengikatnya tidak terlalu ketat atau kencang. Cobalah untuk dilonggarkan demi menghindari traksi pada folikel,” imbuhnya.

Anda dapat menarik rambut ke belakang tetapi longgarkan ikatan, pilihlah karet yang tidak terlalu kuat.

Namun, cara ini bisa menjadi rumit untuk Anda yang memiliki rambut panjang dan tebal. Sebab, ikatan yang longgar akan membuat rambut mudah terlepas dan berantakan.

Saran lainnya yang ditawarkan Dr Ogunleye adalah memberikan rehat pada rambut dari ikatan kencang selama beberapa hari.

Jadi, apabila hari ini Anda sudah menata rambut dengan diikat ke belakang, esok harinya biarkan rambut tergerai atau dijepit kasual yang tidak membuat rambut ditarik terlalu kencang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR