Fakta menarik seputar puasa Ramadan

SPONSOR: Unilever 1001 Ramadhan
Suasana Ramadan
Suasana Ramadan | Shutterstock

Bagi setiap muslim, kedatangan Ramadan selalu dinantikan. Keberkahan dan keagungan yang datang datang menyertai Ramadan membuat muslim berlomba-lomba dalam ibadah dan kebaikan.

Di balik rutinitas puasa wajib dan segala keriaan khas Ramadan yang datang setiap tahun, ada fakta menarik yang boleh jadi luput dari perhatian Anda. Mulai dari awal penentuan waktu puasa hingga momen penting yang terjadi Ramadan, berikut adalah fakta-fakta menarik tentang Ramadan.

Penentuan awal Ramadan yang berbeda
Awal bulan Ramadan dapat bervariasi di berbagai wilayah berbeda. Pasalnya, kemunculan bulan ini masih dipantau dengan mengandalkan mata telanjang. Di Indonesia saja misalnya, adanya organisasi Islam Muhammadiyah dan NU (Nahdhatul Ulama) kerap menimbulkan perbedaan tentang penentuan awal Ramadan dan Idulfitri nantinya. Namun perihal perbedaan waktu Ramadan ini tidak menimbulkan perdebatan, umat Islam dibebaskan untuk menentukan pilihan mereka.

Bulan diturunkannya Alquran
Ramadan juga menjadi istimewa bagi umat Islam karena kitab suci Alquran diturunkan saat Ramadan, tepatnya pada hari ke-17 Ramadan. Peristiwa ini lebih dikenal dengan istilah Nuzulul Quran. Untuk memperingati turunnya Alquran, biasanya saat tarawih para pengisi ceramah akan memberikan tambahan materi tentang turunnya Alquran pertama kali di bumi. Ada juga yang menggelar pengajian khusus untuk memperingati Nuzulul Quran.

Negara dengan durasi puasa terlama
Di Indonesia, bersyukur rasanya ketika durasi waktu berpuasa hanya sekitar 13 jam sehari. Pasalnya, ada beberapa negara yang berada di belahan Eropa yang harus menjalani puasa hingga mencapai 23 jam.

Tahun ini, rekor durasi puasa terlama harus dijalani oleh umat Muslim yang tinggal di Nuuk, Greenland. Masyarakat Muslim Greenland berpuasa selama 21,20 jam. Durasi puasa lama ini disebabkan oleh letak geografis negara tersebut yang membuat matahari terbenam lebih saat musim semi.

Setelah Greenland yang menempati posisi pertama sebagai negara dengan durasi puasa pertama, di urutan nomor dua adalah Islandia dengan waktu puasa 21 jam, dan Kazakhstan dengan durasi puasa 18,12 jam.

Umat muslim meyakini bahwa malam lailatul qadar dapat diraih pada salah satu tanggal ganjil kalender hijriah selama sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Pada malam ini, umat Islam percaya bahwa para malaikat turun ke bumi dan sang Pencipta akan mengampuni seluruh dosa.

Itulah fakta menarik seputar Ramadan yang boleh jadi sering Anda dengar namun tidak Anda ketahui dengan pasti. Temukan keseruan dan serba-serbi menarik lain tentang Ramadan di 1001 inspirasi Ramadhan.

SPONSOR: Unilever 1001 Ramadhan
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR