Formula 10-3-2-1-0 untuk tidur nyaman dan bangun segar

Faktor tunggal terpenting untuk mendapatkan pagi yang menyegarkan dan siap menjalani hari yang sibuk adalah tidur 15 menit lebih awal dan mengerjakan prioritas nomor 1 sebelum orang lain bangun.
Faktor tunggal terpenting untuk mendapatkan pagi yang menyegarkan dan siap menjalani hari yang sibuk adalah tidur 15 menit lebih awal dan mengerjakan prioritas nomor 1 sebelum orang lain bangun. | Shutterstock

Bangun tidur dengan segar di pagi hari akan menjadi titik tolak yang nyaman agar bisa menjalani hari yang penuh aktivitas. Jika kita bisa memulainya dengan benar, hidup bisa terasa membahagiakan.

Untuk bangun tidur dengan nyaman, ternyata harus dimulai dari tidur yang berkualitas.

Sebagian besar orang-orang sukses dan para pemimpin dunia mempunyai kebiasaan bangun pagi. Bangun lebih awal memberi Anda banyak kesempatan untuk memanjakan diri baik secara fisik dan mental.

Hal ini juga memberi Anda waktu untuk menetapkan tujuan karier. Setelah Anda memiliki aspirasi karier yang jelas, selanjutnya lakukan langkah-langkah untuk mencapainya.

Lihatlah bagaimana Jennifer Lopez yang memasak sarapan untuk anak-anaknya lalu dilanjutkan dengan olahraga satu jam setelah dia bangun tidur. Atau cobalah tiru Michelle Obama yang memulai hari pukul 4:30 pagi. Ia langsung berolahraga, karena jika tidak, ia bisa merasa depresi.

Sayangnya, kiat para pesohor itu lebih mudah untuk ditulis dan dibaca daripada dijalankan karena masing-masing orang mempunyai cara yang amat berbeda dibandingkan dengan orang lainnya.

Oleh karena itu, seorang pelatih kebugaran bernama Craig Ballantyne menawarkan sebuah solusi jitu agar orang bisa tidur lebih nyaman dan bangun lebih segar.

Dia mengatakan bahwa rutinitas pagi sebenarnya diawali dari waktu tidur yang benar. Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, mustahil Anda bisa mendapatkan energi dan semangat untuk menjalani apa pun kebiasaan Anda di pagi hari seperti berlari pagi, menulis jurnal dan bekerja dengan produktif.

"Faktor tunggal terpenting untuk mendapatkan pagi yang menyegarkan dan siap menjalani hari yang sibuk adalah tidur 15 menit lebih awal dan mengerjakan prioritas nomor 1 sebelum orang lain bangun. Ya, sesederhana itu," ujar Ballantyne kepada Inc.

Kemudian dia menawarkan sebuah solusi yang diberi nama formula 10-3-2-1-0. Formula yang sangat sederhana ini meringkas berbagai kiat, tip, dan anjuran yang rumit hanya menjadi beberapa baris kata saja:

  • 10 jam sebelum tidur: jangan minum kafein
  • 3 jam sebelum tidur: jangan makan atau minum alkohol
  • 2 jam sebelum tidur: jangan bekerja
  • 1 jam sebelum tidur: jangan menonton apa pun
  • 0 jangan membatalkan tombol alarm

"Jika Anda mengikuti formula ini, Anda akan bisa mengerjakan banyak hal dan tidak akan melewatkan kesempatan besar dalam hidup Anda," ujar Ballantyne.

Berhentilah mengonsumsi minuman berkafein sepuluh jam sebelum tidur. Ini adalah waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membersihkan kafein dari aliran darah dan menghilangkan dampak perangsangan dari zat adiktif yang biasanya ada dalam kopi.

Hentikan makan besar dan minum kopi tiga jam sebelum waktu tidur. Ini akan membantu Anda menghindari lambung yang perih sehingga mengganggu tidur. Alkohol memang akan membuat Anda merasa mengantuk. Namun, alkohol juga akan merusak siklus tidur alamiah dan mengganggu tidur nyenak Anda yang sangat berharga.

Setop semua aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dua jam sebelum waktu tidur. Tidak ada panggilan telepon, tidak mengecek email, tidak membaca laporan dan bahkan tidak perlu memikirkan apa yang akan Anda lakukan esok hari.

Sains ternyata mendukung apa yang disarankan Ballantyne untuk mematikan layar satu jam sebelum tidur. Sinar biru yang dikeluarkan oleh gawai elektronik ternyata mengganggu tidur dan memengaruhi kinerja kita pada esok hari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR