Gaya hidup vegetarian bisa menyelamatkan Bumi

Manusia sebenarnya bisa menghemat triliunan dolar yang berasal dari penghematan biasa sakit dan mati akibat emisi gas rumah kaca. Syaratnya, semua umat manusia ini harus semakin sedikit mengonsumsi daging hewan.
Manusia sebenarnya bisa menghemat triliunan dolar yang berasal dari penghematan biasa sakit dan mati akibat emisi gas rumah kaca. Syaratnya, semua umat manusia ini harus semakin sedikit mengonsumsi daging hewan. | Shutterstock

Orang-orang vegetarian bisa jadi adalah penyelamat Bumi yang sejati. Mereka yang tidak mengonsumsi makanan yang terbuat dari daging hewan akan menjadi penyelamat bumi dari kehancuran.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, manusia sebenarnya bisa menghemat triliunan dolar yang berasal dari penghematan biasa sakit dan mati akibat emisi gas rumah kaca.

Syaratnya, semua umat manusia ini harus semakin sedikit mengonsumsi daging hewan.

"Secara perlahan berubah menjadi manusia yang lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman ternyata sesuai dengan panduan baku diet yang bisa menurunkan tingkat kematian global 6 persen sampai 10 persen. Tingkat kematian akibat emisi gas rumah kaca juga bisa turun 29 persen sampai 70 persen dibandingkan skenario referensi pada 2050," ujar Marco Springmann dari University of Oxford, Inggris, yang melakukan penelitian ini.

"Secara keseluruhan, kami memperkirakan keuntungan ekonomis yang disebabkan oleh perbaikan diet menjadi USD1 triliun yang setara dengan 0,4 persen sampai 13 persen dari produk kotor domestik global pada 2050," tambah Springmann.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Oxford ini memusatkan perhatian pada beberapa macam diet. Mereka mengamati diet yang dilakukan dengan cara mengurangi produk-produk hewani; diet yang mengurangi konsumsi daging seperti diet Mediteranian dan diet vegetarian; dan diet yang berdasarkan rekomendasi makan yang sehat.

Jika dibandingkan dengan diet-diet lainnya, seperti dipaparkan dalam studi ini, diet vegetarian mempunyai dampak yang paling besar.

Diet vegetarian, seperti dikutip dari Wired UK, akan menyelamatkan 8,1 juta orang dari kematian setiap tahun dan menghemat hingga USD1 triliun per tahun.

Studi ini mungkin tidak cukup untuk membuat semua orang di Bumi berubah menjadi vegetarian. Namun, studi ini mengungkapkan mengurangi konsumsi daging saja sudah merupakan langkah tepat untuk menyelamatkan planet Bumi ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR