CITRA TUBUH

Glass skin jadi tren baru perawatan kulit

Ilustrasi
Ilustrasi | Yuganov Konstantin /Shutterstock

Tren di dunia kecantikan terus bergerak dan berubah mengikuti zaman. Beberapa waktu lalu tren "10 langkah perawatan ala Korea" sempat ramai dipraktikkan oleh para pecinta kecantikan. Masih dari Korea, kali ini ada langkah perawatan terbaru yang dikenal dengan istilah "glass skin".

Glass skin adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kondisi kulit yang bebas noda, bebas jerawat, pori-pori yang nyaris tak terlihat, mulus, berkilau nyaris seperti berlapis kaca.

Di Korea, seperti yang diulas Allure, glass skin merupakan standar kulit yang dianggap sempurna.

Tren ini dimulai oleh seorang pegiat kecantikan asal Korea. Pada Instagramnya ia mengunggah sebuah foto kondisi terbaru kulitnya setelah melakukan perawatan tersebut. Usai mengunggah fotonya, Choi langsung mendapat puluhan ribu tanda suka di foto tersebut.

Dilansir Elle, Choi ternyata memiliki beberapa tip yang dapat Anda tiru untuk mendapat kulit mulusnya.

A post shared by Ellie (@elliejellyb3an) on

Pertama, ia selalu mengawali perawatannya dengan menghapus riasan atau debu dan kotoran yang menempel dengan produk Neutrogena's Makeup Remover Cleansing Towelettes.

"Menghapus seluruh riasan setiap malam sebelum tidur sangat penting bagi kulit Anda," jelasnya.

Apalagi kulit yang benar-benar bersih merupakan landasan bagi produk perawatan kulit untuk dapat meresap dengan baik.

Setelah menghapus riasannya, ia lantas menggunakan pembersih wajah untuk membersihkan kulit dengan lebih sempurna. Pada langkah ini, perempuan yang kerap membagikan beragam tip berias ini menggunakan produk Khiel's Ultra Facial Cleanser atau Cetaphil Gentle Cleanser.

Kedua produk tersebut dinilai memiliki formula yang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering.

Lalu pada langkah akhir sesi pembersihan, Choi menggunakan Clinique's Clarifying Lotion 3 sebagai toner.

Setelah kotoran benar-benar bersih, kulit pun akan lebih siap untuk sesi hidrasi.

"Setelah menggunakan toner, saya akan mengaplikasikan pelembap dalam jumlah yang cukup untuk membuat kulit lembap sepanjang malam," jelasnya. Pelembap favoritnya keluaran jenama Cetaphil yang juga banyak terdapat di Indonesia.

Sebagai tambahan dari kegiatan rutinnya membersihkan kulit, setiap beberapa hari sekali ia juga menggunakan cairan khusus untuk mengeksfoliasi sel kulit mati pada wajahnya. Ia menganggap langkah ini sebagai keharusan demi mendapatkan kulit yang sehat dengan kilau alami dan selembut kulit bayi.

Salah satu bahan alami yang disarankannya untuk melakukan langkah ini ialah dengan gula hitam. Berbeda dengan gula putih atau cokelat yang telah melalui berbagai pemrosesan, gula hitam masih kaya akan molasses dan berbagai mineral lainnya. Tekstur butirannya tak hanya sempurna untuk mengangkat sel kulit mati, tetapi juga akan meninggalkan kulit yang harum dan lembut.

Tak seperti "10 langkah perawatan ala Korea", pada glass skin Anda cukup menggunakan satu hingga dua lembar masker tisu dalam kurun waktu satu minggu.

Selebihnya, perawatan kulit juga harus dilakukan dari dalam. Choi sendiri memilih untuk mencukupi asupan air putih, sayuran dan menghindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih.

Anda juga diharuskan konsisten dan telaten dalam proses perawatannya.

"Hal tersebut merupakan ciri dari kulit yang muda dan terjaga dengan baik di Korea. Tetapi bagaimana pun, kondisi kulit seperti ini memang sulit untuk dicapai hanya dengan penggunaan produk," jelas Alicia Yoon, pendiri Peach & Lily dalam wawancaranya dengan Refinery29.

"Ini tidak dicapai dalam semalam, Anda harus konsisten dalam melakukan perawatannya hingga mendapat kulit yang muda dengan tekstur yang baik," pungkasnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR