Hal penting yang harus diperhatikan saat memilih KPR

SPONSOR: BCA
Cermat memilih KPR
Cermat memilih KPR | Author /Shutterstock

Bisa memiliki rumah idaman menjadi salah satu kegelisahan generasi muda saat ini. Selain permintaan yang semakin tinggi, keuangan juga menjadi salah satu faktor yang menghambat generasi muda untuk membeli rumah idaman.

Bagi mereka yang memiliki keterbatasan biaya untuk membeli rumah, fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) umumnya menjadi pilihan untuk membantu mewujudkan impian memiliki rumah idaman. Dengan fasilitas KPR beban keuangan Anda akan lebih ringan sehingga keinginan untuk memiliki rumah idaman bukan sekadar impian lagi.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk mengambil fasilitas KPR, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Lokasi

Sebelum mengajukan KPR, faktor paling penting yang harus diperhatikan adalah lokasi hunian. Lakukan survei terlebih dahulu ke lokasi rumah yang dipilih, sehingga Anda dapat melihat kondisi dan suasana di sekitarnya.

Pastikan rumah yang dipilih mudah dijangkau dengan transportasi umum, bebas dari banjir, dan memiliki fasilitas umum yang memadai. Anda juga perlu mempertimbangkan jarak dan kemudahan transportasi dari rumah tersebut ke tempat aktivitas sehari-hari. Lokasi yang terlalu jauh akan menambah biaya transportasi serta waktu tempuhnya.

Harga jual

Teliti sebelum membeli. Ungkapan tersebut perlu Anda tanamkan dalam pikiran sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Anda perlu lebih teliti membandingkan harga pasar rumah yang diincar.

Harga tersebut akan menentukan seberapa besar biaya awal yang harus Anda persiapkan. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Anda dapat mencari informasi dan membandingkan harga rumah yang ditawarkan terlebih dahulu, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik dan tidak membebani keuangan Anda.

Jangka waktu KPR

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR, jangka waktu sangat berpengaruh terhadap besarnya cicilan yang dibayarkan setiap bulan. Biasanya KPR memberikan beberapa pilihan jangka waktu hingga 20 tahun.

Sesuaikan jangka waktu KPR dengan kemampuan membayar cicilan setiap bulan. Pilih jangka waktu cicilan yang lebih singkat jika memungkinkan, sehingga Anda tidak akan terbebani dengan jumlah bunga yang lebih besar.

Penyedia fasilitas KPR

Terakhir, faktor paling penting saat mengambil KPR adalah memilih penyedia fasilitas KPR. Pastikan bank penyedia KPR memiliki reputasi yang baik dan memiliki jaringan yang luas, sehingga akan memudahkan saat melakukan pembayaran.

Selain reputasi bank, cari tahu mengenai aturan dari bank penyedia KPR termasuk jenis suku bunga yang diterapkan, apakah suku bunga tetap (fixed), Fix & Cap, atau floating. Salah satu bank penyedia KPR dengan bunga ringan dan stabil adalah KPR BCA. Dengan KPR BCA, Anda dapat memiliki rumah impian #BebasWorry.

Anda juga dapat mengikuti kompetisi #BebasWorryChallenge yang diadakan Smart-Money.co bersama KPR BCA. Cara berpartisipasinya sangat mudah, cukup dengan mengunggah foto yang berkaitan dengan keunggulan KPR BCA, lalu buat caption semenarik mungkin. Informasi selengkapnya mengenai #BebasWorryChallenge silakan klik tautan ini.

SPONSOR: BCA
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR