RINGKASAN SEPEKAN

Hoax, daun sambiloto, hingga sabun castile

Ilustrasi
Ilustrasi | TWStock /Shutterstock

Pada pekan kedua Januari 2019, kami menyarikan tujuh kabar seputar gaya hidup. Mulai dari kelompok usia penyebar hoax, manfaat daun sambiloto untuk kesehatan, hingga sabun castile yang ramah lingkungan dan multifungsi. Hoax, daun sambiloto, hingga sabun castile.

Terungkap, kelompok usia yang sering sebar hoax

Tim peneliti merilis hasil temuan menarik berkaitan dengan penyebaran hoax atau berita bohong di media sosial, Facebook.

Peneliti mengungkap pengguna Facebook berusia 65 tahun ke atas merupakan kelompok yang cenderung sering menyebarkan hoax dibandingkan pengguna lain yang berusia lebih muda.

Selain itu, mereka yang memiliki keyakinan politik konservatif juga ditemukan sering melakukan hal serupa. Para penulis juga menyarankan dampak penuaan pada memori dapat memiliki efek.

Musim hujan tiba, waspada demam berdarah dengue

Sepanjang dan setelah musim hujan, waspadai demam berdarah dengue (DBD) dengan melakukan pencegahan sebagai bentuk perlindungan terhadap diri sendiri dan keluarga.

Awal 2019 kasus DBD mulai bermunculan di berbagai daerah. Hingga kini, sudah ada pasien DBD meninggal di Labuan Bajo, Manado, dan Jombang. Sekarang, saatnya tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk cegah DBD.

Anda pun perlu mengenali kondisi DBD, termasuk gejalanya, agar bisa mendapatkan perawatan bila tanpa disadari telah menderitanya. Temukan jawabannya di sini.

Pengganti gula tidak lebih sehat dari gula asli

Pemanis bebas gula, seperti stevia, aspartam, dan sucralose dipilih sebagai alternatif gula untuk membantu menurunkan berat badan, gula darah, dan hasrat akan asupan manis.

Namun, setelah penelitian bertahun-tahun para periset belum menemukan bukti kuat bahwa pemanis non-gula bermanfaat. Termasuk saat para peneliti dari Jerman, Prancis, dan Hungaria mengulas 56 studi tentang pemanis alternatif.

Berdasarkan bukti yang ada, penggunaan pemanis non-gula bisa menjadi strategi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung atau strok. Tapi tujuan akhirnya tetap beralih ke air atau minuman sehat lain.

Daun sambiloto untuk pengobatan diabetes dan malaria

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Salah satunya daun sambiloto untuk mengobati malaria dan diabetes.

Daun hijau yang rasanya sangat pahit ini pun digunakan dalam ayurveda, ilmu kesehatan yang berasal dari negara India, serta dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Sambiloto memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus, tetapi paling umum digunakan untuk masalah flu, infeksi sinus, peradangan umum, nyeri, dan detoksifikasi.

Posisi duduk yang benar di depan komputer

Ternyata tidak banyak orang tahu, penyebab sakit leher dan pundak yang kerap dirasakan menjelang sore adalah posisi kepala kita. Tanpa sadar, orang kerap menjulurkan kepala mendekati layar komputer. Ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Posisi ini mengubah kepala menjadi tumpuan di ujung leher. Berat kepala menekan leher bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, mengganggu konsentrasi, meningkatkan ketegangan otot, bahkan cedera pada tulang belakang seiring waktu.

Namun, usah gelisah. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengubahnya. Menurut para peneliti caranya tidak sulit.

Merawat wajah ala artis Korea

Kulit wajah selebritas Korea kelihatan tak bercela. Seperti tanpa pori-pori, mulus, dan bercahaya. Apa rahasianya?

Dalam artikel berikut ada banyak tip dan trik yang biasa dilakukan selebritas negeri ginseng tersebut. Mulai dari sebelum membersihkan wajah, sampai mengaplikasikan toner, krim, dan perawatan wajah lain.

Ada tip dari Jane Momoland, Daesung Big Bang, penyanyi Chung Ha, Rocky personel Astro. Juga trik dari aktris Ha Ji-won, Bae Suzy, aktris Go Hyun-Jung hingga personel AOA, Seolhyun.

Sabun castile ramah lingkungan dan multifungsi

Bila saat ini Anda mencari produk pembersih ramah lingkungan, sabun castile bisa jadi salah satu alternatif.

Sabun castile dibuat dari bahan alami, tidak beracun, dan biodegradable (dapat hancur atau terurai oleh organisme hidup lain dan berasal dari tumbuhan atau hewan) ini tersedia dalam bentuk batang atau cair.

Sabun dari bahan alami ini juga serbaguna karena bisa digunakan untuk mencuci pakaian, piring, buah, dan sayuran, lantai, juga pengganti sabun mandi dan sampo.

Awalnya, sabun Castile dibuat dengan minyak zaitun 100 persen, air, dan alkali, sehingga hasilnya lembut dan melembapkan. Namun, seiring waktu banyak orang membuatnya lebih bervariasi dengan tambahan minyak lain.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR