INDONESIA FASHION WEEK

IFW 2015: Warna-warni batik Banyuwangi

Indonesia kaya seni dan budaya. Salah satu karya seni Indonesia adalah batik. Uniknya, batik ini sangat beragam motifnya. Beda provinsi, beda pula motifnya, dan jika seorang pembatik membuat dua batik tulis, hasilnya pun akan berbeda.

Dari keragaman tersebut, desainer Priscilla Saputro fokus pada batik Banyuwangi di Indonesia Fashion Week 2015. Show yang terdiri sekitar 55 outfit tersebut tak lepas dari dukungan Kabupaten Banyuwangi.

"Saya mengangkat batik Banyuwangi. Konsepnya Novum Etno: Colorful Banyuwangi. Novum merupakan pembaruan, dalam hal ini di dunia mode yang terus mengedepankan pembaruan termasuk yang dilakukan masyarakat Banyuwangi," jelas Priscilla.

Pembaruan tersebut dapat dilihat dari desain mode batik yang terinspirasi hal-hal masa kini, modern, up to date, dan mengedepankan kesetaraan gender. Sedangkan etno merupakan sesuatu berdasarkan etnik atau kebudayaan. Pasalnya, budaya Banyuwangi sangat kuat dan masyarakatnya sedang menggalakkan pariwisata, mereka tak meninggalkan entitas kebudayaan, yaitu ritual-ritual yang selama ini dilakukan.

"Colorful Banyuwangi ini diambil dari batiknya yang colorful. Batik Banyuwangi merupakan satu-satunya batik pesisir yang punya filosofi," tambah sang desainer.

Show Priscilla ini dibagi empat sequence yang menonjolkan batik warna-warni. Ia menuangkan sehelai batik dalam bentuk dress, bolero, tunik, top crop, pants, plus rok. Tak heran runway berubah menjadi lebih berwarna dan ekspresif dengan sentuhan outfit two pieces dan three pieces.

Show ini juga dimeriahkan oleh Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015. Menurut Anin, ia senang dapat berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam IFW tahun ini. "Dalam persiapan ke Miss Universe, saya akan membantu promosi batik Banyuwangi ke tingkat dunia. insya Allah nanti bisa dikenal di mancanegara," kata Anin.

Bagian ini menampilkan outfit yang terdiri dari dress, blus, bolero, hot pants, rok, dan tunik dengan warna biru, pink, dan ungu.

Sequence ini menghadirkan warna merah, pink, cokelat, hingga kuning dalam kemben, bolero, pants, blus, serta skirt.

Bagian ini, Priscilla masih menawarkan outfit yang sama. Hanya saja, batik pilihannya lebih cerah dan didominasi warna orange, hijau, kuning, dan cokelat.

Merah, emas, hijau, dan cokelat masih mendominasi. Tetapi, warnanya lebih terang bin glamour.

Namun, sequence ini terasa istimewa dengan kehadiran Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri. Perempuan cantuk asal Semarang ini mengenakan dress dengan batwing plus mahkota kebanggaannya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR