KESEHATAN

Infografik: Jangan mencuci daging kurban

Jangan mencuci daging kurban yang akan Anda masukkan kulkas. Daging tercuci justru mudah dimasuki bakteri jahat jika tak segera dimasak.
Jangan mencuci daging kurban yang akan Anda masukkan kulkas. Daging tercuci justru mudah dimasuki bakteri jahat jika tak segera dimasak. | Bagus Triwibowo /Beritagar.id

Di Yogyakarta hari ini (10/8/2019), Dinas Pertanian dan Pangan mensosialisasikan penyimpanan daging kurban yang baik sehingga mampu bertahan lebih lama. Misalnya tidak mencuci daging kurban agar memiliki daya simpan lama. Daging yang sudah dicuci justru dapat tercemar bakteri merugikan jika tidak segera diolah.

Perihal kebersihan tempat penyembelihan sapi kurban, Kepala Distan Sugeng Darmanto menyatakan, pemerintah kota menyediakan Rumah Pemotongan Hewan Giwangan. Pada hari pertama dan kedua Iduladha sudah ada 50 ekor sapi yang akan dipotong.

Akan tetapi jika kondisi daging pembagian terkena debu dan pasir saat dipotong, Sugeng mengingatkan, "[...] lebih baik langsung diolah saja.” (→ Republika.co.id)

Menyangkut tip penanganan daging kurban, terutama yang akan disimpan, Beritagar.id mengemasnya dalam infografik.

Tentang kantong keresek sebagai wadah daging, sila simak infografik Beritagar.id saat Iduladha tahun lalu.

Masih banyak alternatif selain tas plastik.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR