KESEHATAN

Infografik: Ponsel lebih jorok dari toilet

Sekeren dan semahal apa pun ponsel, alat itu bisa 10 kali lebih jorok dari peturasan. Tapi nyatanya selama ini Anda sehat kan?
Sekeren dan semahal apa pun ponsel, alat itu bisa 10 kali lebih jorok dari peturasan. Tapi nyatanya selama ini Anda sehat kan? | Bagus Triwibowo /Beritagar.id

Ponsel, terutama ponsel cerdas, termasuk benda yang penuh kuman. Bahkan Time pernah melaporkan dalam judul, ponsel Anda sepuluh kali lebih jorok ketimbang alas pantat di kloset duduk....

Southern Phone dari Australia Mei lalu menyebutkan, setiap orang rata-rata memeriksa ponsel 18 menit sekali, atau 80 kali sehari. Itu berarti tangan Anda sering mengusap layar ponsel, bahkan ketika berada di toilet.

Tangan termasuk anggota tubuh yang kotor — kalau jarang dicuci. Tangan, terutama telapak dan jari, menyentuh dan memegang apa pun, sejak gagang pintu hingga uang kumal. Ya, tangan memang akrab dengan bakteri.

Memang sih sejak dulu manusia hidup bersama bakteri. Ada yang merugikan, ada yang menguntungkan. Untuk yang merugikan, semuanya tergantung daya tahan tubuh manusia.

Tentang bahaya kejorokan ponsel, dan sabun khusus untuk mengatasi, sila simak arsip Beritagar.id: "Ponsel berpotensi jadi sumber penyakit".

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR