Kacang bisa tingkatkan jumlah dan kualitas sperma

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan | Julia Sudnitskaya /Shutterstock

Tak hanya lezat, kacang juga merupakan makanan sehat, penuh gizi, dan bisa menguntungkan bagi laki-laki. Mengapa demikian?

Ternyata, kacang bisa membantu laki-laki dalam menghasilkan jumlah dan kualitas sperma yang lebih tinggi.

Penelitian mengenai konsumsi kacang dan kualitas sperma dilakukan oleh Unit Nutrisi Manusia dari Rovira i Virgili University di Spanyol.

Penulis utama studi, Albert Salas-Huetos, mengatakan bahwa penelitian ini dibuat sebagai tanggapan terhadap penurunan kuantitas dan kualitas sperma manusia yang berhubungan dengan polusi, merokok, dan tren diet.

Penelitian ini dilakukan selama 14 minggu dengan melibatkan 119 laki-laki subur yang berusia antara 18 dan 35 tahun untuk menyelidiki dampak konsumsi kacang pada sperma.

Peserta penelitian dibagi dua kelompok. Kelompok pertama, menambahkan 60 gram kacang almon campuran, hazelnut dan walnut ke dalam makanan mereka. Kelompok kedua yang makan seperti biasa tanpa ada tambahan kacang sama sekali.

Hasil penelitian menunjukkan adanya jumlah, vitalitas, gerakan, dan morfologi sperma yang lebih tinggi di antara kelompok yang makan 60 gram kacang per hari daripada para laki-laki yang tidak mengonsumsi kacang-kacangan.

Kelompok makan kacang mengalami perbaikan 16 persen dalam jumlah sperma, empat persen dalam vitalitas sperma, enam persen dalam gerakan sperma, dan satu persen dalam morfologi.

Angka tersebut adalah parameter daftar Organisasi Kesehatan Dunia sebagai ukuran kualitas sperma dan berhubungan dengan kesuburan laki-laki.

Dengan adanya penelitian ini, maka ditemukan bahwa dengan mengonsumsi kacang-kacangan membuat laki-laki dapat menghasilkan sperma yang lebih banyak dan berkualitas.

Namun, makan kacang bukanlah satu-satunya cara untuk manfaat tersebut. Anda tetap butuh menerapkan gaya hidup sehat termasuk makan makanan sehat dan ditambahkan kacang-kacangan.

Para peneliti juga menginformasikan bahwa partisipan dalam penelitian ini termasuk sehat dan subur, sehingga tak jelas apakah cara yang sama akan berlaku pada populasi yang luas, termasuk laki-laki yang punya masalah kesuburan.

Menurut Allan Pacey, profesor andrologi di Universitas Sheffield, yang tidak terlibat dalam penelitian, laki-laki dalam kelompok makan kacang mungkin telah membuat perubahan positif lainnya, tetapi tidak diperhitungkan dalam proses penelitian.

Virginia Bolton, mantan konsultan embriologi klinis di Guy's Hospital, London, mengatakan bahwa penelitian tersebut menarik secara akademis tetapi tidak mungkin untuk mengatakan apa efek yang akan mereka dapatkan dalam hal meningkatkan peluang kehamilan.

Kata Virginia, pasien tetap harus didorong untuk berhenti minum alkohol, berhenti merokok, dan makan sehat.

Para ahli juga mengatakan bahwa penelitian ini mendukung penelitian lain seperti diet kaya asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin B folat yang ditemukan dapat meningkatkan kesehatan sperma secara keseluruhan.

Dalam studi oleh University of Western Australia yang dirilis jurnal Ecology Letters, ditemukan bahwa pertahanan terbaik terhadap kerusakan sperma adalah kombinasi dari dua antioksidan kuat, vitamin E dan beta karoten.

Dengan demikian, Anda pun bisa mulai rutin mengonsumsi makanan yang kaya beta karoten seperti blewah, wortel, aprikot, labu, mangga, dan makanan berwarna oranye.Selain itu, juga makanan kaya antioksidan seperti almon, brokoli, dan stroberi.

Ada pun makanan lain yang dapat meningkatkan kesuburan, misalnya cokelat hitam. Makan cokelat hitam dapat membantu menetralkan efek racun dan polusi di udara yang dapat merusak kesuburan. Selain itu, cokelat mengandung asam amino yang telah ditunjukkan untuk menggandakan volume sperma.

Anda juga bisa coba makan tiram, kerang, atau lobster karena merupakan sumber zinc yang baik yang membantu dalam produksi sperma.

Selain itu, cobalah rajin makan pisang karena mengandung vitamin C, A, dan B1 yang dikenal untuk meningkatkan kemampuan laki-laki menghasilkan sperma.

Terakhir, ada juga ginseng yang meningkatkan testosteron, asparagus yang membantu volume dan kecepatan, serta bawang putih yang mengandung allicin dan selenium, yang dapat aliran darah serta melindungi sperma dari kerusakan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR