PERLINDUNGAN KONSUMEN

Kalau beda harga, konsumen bayar yang termurah

| Antyo / Beritagar.id

Selisih tiga koin seratusan pun tetap berbeda harga namanya. Maka seorang konsumen minimarket mengeluh di Twitter pekan lalu. Ia mendapatkan harga Rp300 lebih mahal.

Memang bisa terjadi, dalam satu toko pun barang yang sama bisa berbeda harga. Lain di rak, beda di kasir. Di rak bisa lebih murah. Atau sebaliknya, di kasir lebih murah.

Terhadap kasus beda harga, Kementerian Perdagangan punya peraturan. Salah satu pasal mengatur, konsumen membayar harga yang termurah.

Tak soal versi kasir atau versi label yang lebih murah. Pokoknya harga untuk konsumen adalah yang termurah. Demikian menurut Pasal 7 Ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan No. 35 Tahun 2013.

Kenyataannya sepanjang pekan lalu, dan pekan sebelumnya, soal beda harga ini ada terus di Twitter. Sejumlah akun perusahaan pun menanggapi.

Lalu bagaimana jika beda harga terjadi dalam aplikasi ponsel? Misalnya harga makanan di aplikasi Go-Food berbeda dari bon pembelian dari warung yang didatangi Bang Ojek. Akun Go-Jek pun sudah menanggapi.

Begitu pula jika menyangkut harga paket internet dalam aplikasi operator di ponsel. Antara seorang konsumen dan temannya bisa berbeda harga. Lantas akun Telkomsel menanggapi.

Mungkin yang diperlukan kejelasan informasi. Sebuah toko Indomaret di Cipete, Jakarta Selatan, memasang pengumuman ihwal hak konsumen di pintu kaca.

Pengumuman di bagian dalam pintu Indomaret, Cipete, Jakarta Selatan. Foto diambil awal April 2018.
Pengumuman di bagian dalam pintu Indomaret, Cipete, Jakarta Selatan. Foto diambil awal April 2018. | Antyo / Beritagar.id

Tepatnya: memasang maklumat di bagian dalam pintu. Dapat diandaikan, konsumen membaca saat akan meninggalkan toko -- artinya transaksi yang merugikan, misalkan terjadi, sudah selesai dan sah.

Infografik dalam artikel ini adalah pembuatan ulang dari arsip 14 Januari 2015. Permendag tadi juga mewajibkan pedagang memasang label harga dengan benar. Jika pedagang melanggar, ancaman sanksi maksimumnya adalah pencabutan izin (Pasal 9).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR