Keamanan data nasabah perbankan

SPONSOR: BCA
Infografik keamanan data nasabah perbankan
Infografik keamanan data nasabah perbankan | Gary /Beritagar.id

Bank adalah bisnis yang berasaskan kepercayaan. Oleh karena itu, kepercayaan yang dititipkan oleh nasabah patut dijaga dengan baik oleh pihak bank, baik dalam bentuk uang maupun data. Kebocoran data yang terjadi di sebuah bank adalah sebuah bencana besar yang dapat memengaruhi segala sisi operasional.

Akan tetapi, di satu sisi, keamanan data juga bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak bank, tetapi juga nasabah. Untuk itu, setiap masyarakat, khususnya nasabah bank harus lebih teliti dan sadar lagi terhadap nilai data pribadi mereka dengan tidak sembarang mengumbar data ke pihak lain.

“Kerugian nasabah yang timbul akibat kesalahan sistem bank maka bank akan mengganti seluruh kerugian yang dialami nasabah,” ujar Hermawan Thendean, Executive VP Strategic Information Technology BCA dalam acara Indonesia Lokadata Conference (ILOC 2019).

Di luar komitmen pihak bank menanggung semua kerugian yang diderita nasabah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, di satu sisi perbankan juga melakukan tindakan preventif untuk memperketat sistem keamanan. Hal ini dilakukan karena pihak perbankan sadar ada kepercayaan besar yang nasabah titipkan kepada mereka.

SPONSOR: BCA
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR