Kembalinya gaya rambut mullet oleh pesohor K-pop

Ilustrasi pria dengan rambut bergaya mullet.
Ilustrasi pria dengan rambut bergaya mullet.
© InnervisionArt /Shutterstock

Tren gaya rambut masa kini seolah sedang melintasi waktu, kembali ke zaman dahulu, terutama gaya rambut para lelaki. Pompadour dan slick back merupakan dua yang paling populer.

Selain itu, seperti yang dilansir Allure, mullet pun ikut kembali ke tengah-tengah tren gaya rambut terkini. Di Korea Selatan, gaya rambut ala David Bowie ini sedang diminati.

Mullet sebenarnya memiliki beberapa arti. Dalam mesin pencari, mullet bisa merujuk pada sejenis ikan yang dapat dimakan, di Indonesia dikenal sebagai ikan belanak. Dalam bahasa Yunani, mullet juga berarti "myllos" atau warna yang gelap.

Lalu istilah "mullet-head" di Amerika Serikat pada abad ke-19 kerap digunakan untuk mengatai orang yang dianggap bodoh.

Secara singkat, mullet jadi sering diartikan sebagai gaya rambut yang meniru ikan belanak yang terlihat seperti seseorang yang tak memiliki leher dan membuatnya terlihat bodoh. Pada manusia, bagian belakang rambut yang memanjang tersebut lah yang membuatnya mirip ikan.

Ya, gaya rambut mullet memang berpotongan unik. Bagian depan rambut akan terlihat sedikit pendek, lalu bagian samping kanan dan kirinya dibuat menipis seperti biasa. Uniknya pada bagian belakang, rambut justru dibiarkan semakin panjang menutup leher.

Tak heran jika potongan rambut ini kerap jadi bahan ejekan. Karena bentuknya yang dinilai tak berestetika, banyak juga yang berharap agar gaya rambut mullet tak kembali ke dalam daftar tren yang patut dicoba. Apalagi sampai meramaikan kembali dunia mode dan kecantikan.

Padahal, gaya rambut ini seolah tak pernah mati. Konon awalnya mullet merupakan gaya rambut yang populer di Romawi pada abad ke-6. Saat itu para lelakinya memangkas bagian depan dan samping rambut dan membiarkan belakangnya tetap panjang.

Lalu pada awal 1970-an pesohor seperti Rod Stewart, David Bowie serta Paul McCartney sempat membawa tren rambut ini marak di dunia hiburan. Ada pula grup musik hip-hop Beastie Boys yang kembali menaikkan gaya mullet menjadi tren pada sekitar awal 90-an.

Jika tahun-tahun sebelumnya berbagai tren gaya rambut klasik dipopulerkan oleh para pesohor Hollywood, kini mullet sedang ramai di kalangan pesohor Korea Selatan. Menurut Allkpop, G-Dragon (Kwon Ji-yong) merupakan pesohor pertama yang memopulerkan kembali gaya rambut mullet.

Setelah G-Dragon, demam mullet di Korea Selatan pun melanda grup musik EXO. Sebab, dalam masa promosi album terbarunya yang bertajuk The War beberapa hari lalu, para anggotanya terlihat tampil dengan rambut berekor yang diduga akan memancing kembalinya tren mullet ke tengah para pecinta mode dan kecantikan.

Baekhyun misalnya, anggota EXO ini terlihat tampil dengan gaya rambut mullet di video promosinya. Meskipun bergaya retro, Baekhyun menampilkan mullet dengan yang tampak lebih modern dengan aksen highlight merah terang pada seluruh bagian rambut. Jika Anda ingin bereksperimen dengan warna lain, sah saja.

Ada pula Dean (Kwon Hyuk), seorang musisi asal Korea Selatan yang tak mau ketinggalan mencukur rambutnya dengan gaya serupa. Bedanya, Dean membuat mullet lebih pendek dengan bagian samping kanan dan kiri yang nyaris botak.

A post shared by BaekHyun. (@baekhyunee_exo) on

Jika penasaran mencobanya, ada beberapa inspirasi tren mullet yang bisa Anda aplikasikan ke dalam gaya sehari-hari.

Misalnya saja bagi kaum lelaki yang bekerja kantoran dan ingin terlihat tetap rapi, tiru saja mullet ala David Beckham. Bagian depan rambutnya dibuat sedikit bergaya pompadour lalu bagian belakangnya dibiarkan agar panjang hanya sebatas leher.

Tak hanya lelaki, perempuan pun bisa tampil kekinian dengan rambut mullet. Tipnya, cobalah untuk membuat bagian depan rambut Anda berponi, sehingga gaya mullet tampil lebih modern.

Gaya ini mirip dengan tatanan rambut para model yang ditampilkan dalam peragaan busana Alexander Wang, Roberto Cavalli serta Mimi Wade yang diramalkan Glamour sebagai tren rambut yang akan populer pada 2017.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.