Kenaikan harga rumah dan opsi tempat tinggal di kota satelit

SPONSOR: BCA
Ilustrasi pembelian rumah secara kredit.
Ilustrasi pembelian rumah secara kredit. | Author /Shutterstock

Dengan mempertimbangkan aspek dan fasilitas pendukung, memiliki hunian di kota satelit bisa menjadi opsi bagi Anda yang kewalahan menjangkau harga rumah di kota besar.

Tidak hanya Jakarta, harga tanah dan rumah di kota-kota besar lain, seperti Surabaya, Medan, Semarang, Denpasar, dan Makassar mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun.Menurut survei kenaikan harga rumah yang dirangkum dalam Bank Indonesia dalam Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) harga perumahaan di 14 kota besar mengalami kenaikan 39,7 persen dalam 10 tahun terakhir.

Sementara, untuk tahun ini, Survey Harga Rumah BI Triwulan II 2019 mencatat, terjadi perlambatan kenaikan harga rumah pada triwulan yang sama tahun lalu, 2,04 persen (yoy) menjadi 1,47 persen (yoy). Meski kenaikan harga rumah mengalami perlambatan, survei tersebut tetap memprediksi adanya kenaikan harga perumahan di beberapa kota pada triwulan III 2019.

Grafik perkiraan kenaikan harga properti residensial triulan III 2019
Grafik perkiraan kenaikan harga properti residensial triulan III 2019 | /Lokadata

Kenaikan harga tanah dan rumah tentu bukan tanpa sebab. Pembangunan infrastruktur yang semakin merata dan dilakukan dengan konsisten membuka keterjangkauan suatu daerah. Berangkat dari kenyataan tersebut, tidak heran rasanya banyak keluarga, khususnya milenial, yang memburu rumah di kota satelit.

Untuk daerah Jakarta misalnya, kota satelit seperti, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, Tangerang Kota, Tangerang Kabupaten, Bekasi Kota, dan Bekasi Kabupaten masih jadi bidikan favorit mereka yang tidak memiliki bujet untuk membeli hunian di Jakarta. Belum lagi, kebutuhan masyarakat terhadap rumah (backlog) masih sangat tinggi sementara suplai perumahan belum mencukupi. Oleh karena itu, pembangunan di kota-kota satelit sangat diperlukan untuk memenuhi backlog.

Akan tetapi, dalam mencari rumah di kota satelit tentu harus dengan pertimbangan, terlebih jika Anda telah berkeluarga dan memiliki anak. Setidaknya, sekolah dan fasilitas kesehatan dapat terjangkau dengan mudah dari calon tempat tinggal Anda.

Dalam mencari hunian, tidak hanya daerah dan rencana pembangunan di tempat tersebut yang patut dipelajari, tetapi juga masalah pembiayaan. Pastikan rumah yang Anda inginkan dibangun oleh developer yang memiliki reputasi baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Selain itu, penting juga untuk memastikan pihak pengembang bekerja sama dengan bank yang menyediakan KPR (kredit pemilikan rumah) yang memberikan kemudahan dalam proses kredit dan pembayaran, seperti Bank BCA.

Bank BCA memiliki KPR yang menawarkan berbagai fitur kemudahan, seperti kemudahan mengajukan KPR secara online. Anda sebagai calon konsumen dan nasabah cukup mengunggah data diri yang diperlukan, selanjutnya pihak Bank BCA yang akan menghubungi Anda sebagai tindak lanjut.

Yang paling penting dari fitur kemudahan yang ditawarkan oleh KPR BCA adalah keringanan down payment (DP) hingga 10 persen bagi Anda yang membeli rumah pertama. Ditambah lagi KPR BCA menawarkan beberapa pilihan kredit dengan bunga yang dapat disesuaikan dengan keuangan, seperti suku bunga tetap (fixed) dan Fix & Cap.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail dan promo KPR yang sedang berlangsung, Anda bisa langsung mengeklik tautan berikut ini.

SPONSOR: BCA
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR