Kenali manfaat spirulina biru

Spirulina biru
Spirulina biru | Viennetta /Shutterstock

Makanan warna-warni tampak lebih menarik dan menggiurkan. Sebut saja rainbow cake atau smoothie bowl dengan beragam warna.

Namun, jangan sampai hanya demi mendapatkan warna cantik pada makanan dan minuman, Anda mengonsumsi pewarna makanan berbahaya.

Salah satu pewarna makanan alami yang bisa Anda coba adalah spirulina. Selain yang berwarna hijau, juga tersedia spirulina dengan warna biru.

Spirulina biru berasal dari ganggang arthrospira platensis yang mengandung phycocyanin, yaitu pigmen kebiruan. Bukan sekadar pewarna makanan, spirulina biru juga baik untuk kesehatan dan masuk dalam kategori superfood.

Umumnya spirulina dikeringkan dan diproses menjadi bubuk sehingga mudah dicampurkan ke dalam makanan dan minuman, seperti smoothie, es krim, puding, roti, saus, dan pasta.

Secara nutrisi, spirulina tinggi protein, rendah kalori, mengandung lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin B, klorofil, dan sodium.

Phycocyanin di dalamnya adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas, juga memiliki efek antihipertensi atau dapat menurunkan tekanan darah.

Salah satu jenama yang menjual spirulina biru bubuk adalah Blue Majik. Di Amazon, produk Blue Majik dijual seharga Rp850 ribu untuk 50gram.

"Blue Majik adalah suplemen yang baru-baru ini menjadi sangat populer, sebagian karena warna biru yang mencolok dan karena ia menawarkan banyak manfaat kesehatan potensial," kata ahli diet Brooke Alpert.

Menurut Alpert, manfaat kesehatan spirulina biru termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi tiroid, dan mengurangi peradangan.

"Blue Majik kaya akan vitamin B12, vitamin A, dan zat besi, yang semuanya merupakan bagian dari diet seimbang dan sehat. Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi sistem saraf dan pembentukan sel darah merah. Vitamin A mendukung fungsi mata yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh yang sehat."

"Zat besi dan mineral lain membantu membangun tulang dan gigi, darah, kulit dan rambut yang kuat. Menggunakan Blue Majik sebagai suplemen untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan dapat bermanfaat bagi sebagian orang," kata Alpert.

Menurut penjelasan Christy Brissette, R.D., presiden 80 Twenty Nutrition, mengonsumsi bubuk spirulina akan membuat tubuh mendapatkan 24 persen dari asupan zat besi harian yang direkomendasikan, 12 persen kebutuhan kalium.

Manfaat mengonsumsi spirulina ialah dapat menghapus logam berat dan racun dalam tubuh dengan cara mengikat dan menghilangkannya. Fikosianin dalam spirulina bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker

Ganggang ini juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan asupan protein kaum vegan atau vegetarian. Protein dalam spirulina larut dalam air yang berarti dapat sangat diserap oleh tubuh, tidak seperti sumber makanan kaya protein lain seperti daging.

Ketika bubuknya diminum 30 menit sebelum makan, ini dapat membantu Anda kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk mengudap.

Vitamin B dalam spirulina juga dapat meningkatkan energi, dan antioksidan pun bermanfaat dalam mengurangi oksidasi yang disebabkan oleh olahraga.

Selain itu, kandungan klorofil dapat membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus, serta mempromosikan bakteri sehat di usus. Spirulina pun terbukti mencegah aterosklerosis dan menurunkan kadar kolesterol darah.

Jika tertarik mencoba spirulina biru, Brissette merekomendasikan untuk memastikan bahwa produk itu organik dan memeriksa dari mana asalnya.

Spirulina yang ditanam di Amerika Serikat atau Eropa umumnya akan menjadi lebih bersih dan lebih rendah kontaminan daripada jika tumbuh di India atau Tiongkok.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR