Kenapa asuransi kesehatan sifatnya wajib?

Asuransi kesehatan penting bagi yang sudah berkeluarga.
Asuransi kesehatan penting bagi yang sudah berkeluarga. | Author /Shutterstock

Suka atau tidak, memiliki asuransi kesehatan saat ini sudah menjadi “wajib” hukumnya, terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga. Alasannya sederhana, biaya kesehatan terus meningkat setiap tahun melebihi kenaikan gaji.

Kenaikan biaya kesehatan di Indonesia dari tahun ke tahun tidak dapat dihindari lagi. "Medical Trends Around the World 2016” dari Mercer Marsh Benefits mengungkapkan bahwa kenaikan biaya kesehatan Indonesia pada 2015 berada di atas Singapura, yakni 12,7 persen.

Atas dasar alasan inilah keberadaan asuransi kesehatan untuk menanggung berbagai kebutuhan biaya pengobatan diperlukan, terlebih lagi jika Anda sudah berkeluarga. Pasalnya, ketika Anda memutuskan untuk berumah tangga, ada biaya pengeluaran tambahan yang harus Anda anggarkan secara reguler, yakni biaya kesehatan untuk pasangan dan juga anak, termasuk biaya melahirkan di dalamnya.

Sebagai gambaran, berdasarkan data yang dihimpun pada 2018, biaya persalinan normal terendah berada di angka Rp4,9 juta hanya untuk biaya kamar dan persalinan. Sementara untuk paket lengkap persalinan normal, Anda dan pasangan harus menyiapkan dana sedikitnya Rp6,9 juta. Sedangkan untuk paket lengkap operasi Caesar, paling murah ada di angka Rp9,5 juta.

Tidak hanya ihwal biaya persalinan, kenaikan pasien penyakit degeneratif yang berkaitan dengan gaya hidup, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskuler, juga patut diwaspadai. Pasalnya, diabetes dan hipertensi merupakan dua penyakit kronis yang paling banyak memerlukan biaya pengobatan. Dalam setahun, menurut Perhimpunan Data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PDPERSI), rata-rata pasien kardiovaskuler memerlukan biaya pengobatan lebih dari Rp40 juta.

Belum lagi, pengobatan penyakit-penyakit tersebut termasuk jenis “pengobatan seumur hidup”. Artinya, biaya berobat yang harus dikeluarkan bukan untuk jangka waktu 1 atau 2 tahun saja, tetapi sepanjang hidup demi menjaga kesehatan tetap stabil dan terkontrol.

Berangkat dari fakta-fakta tersebut, keberadaan asuransi kesehatan diharapkan dapat membantu Anda dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan biaya kesehatan. Oleh karena itu, ketika memilih asuransi kesehatan untuk keluarga, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang memberikan manfaat perawatan rawat jalan dan rawat inap yang sesuai dengan kebutuhan, seperti kebutuhan akan biaya melahirkan.

Pastikan pula asuransi kesehatan keluarga yang Anda pilih memberikan kemudahan dalam melakukan klaim atau sistem cashless untuk biaya rawat inap. Fitur cashless untuk rawat inap akan sangat membantu ketika Anda diharuskan membawa anggota keluarga saat kondisi keuangan yang tidak stabil misalnya. Jangan sampai kesehatan anggota keluarga dipertaruhkan karena tidak adanya kesiapan biaya kesehatan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR