Khasiat minum air hangat madu dan lemon

Ilustrasi madu dan lemon
Ilustrasi madu dan lemon | Shutterstock

Musim hujan tiba. Semalam wilayah Jakarta dan Bekasi diguyur hujan cukup deras. Peralihan dari musim kemarau ke musim hujan identik dengan penyakit demam dan flu. Cirinya, kepala terasa berat, tenggorokan sakit dan hidup tersumbat, seperti dilansir CNN Indonesia.

Nah, mulai hari ini atau besok, Anda bisa memulai hari dengan segelas air putih hangat yang dicampur madu dan lemon. Air putih hangat memiliki banyak manfaat seperti dilansir Boldsky, di antaranya mencegah dan meredakan flu. Bila ditambah dengan madu dan perasan lemon maka khasiatnya bertambah. Berikut khasiat minum air hangat ditambah madu dan lemon yang dilaporkan Metrotvnews.com dan healthsite.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Semua jenis jeruk mengandung vitamin C. Vitamin ini membantu mencegah atau melawan flu dan baik bagi sistem kekebalan tubuh. Lemon juga memiliki kalium yang merangsang fungsi otak dan saraf, juga mengontrol tekanan darah.

Mendetoksifikasi hati

Lemon memiliki asam nitrat yang membantu enzim berfungsi lebih baik. Segelas air hangat dengan campuran lemon akan merangsang hati dan membantu proses detoksifikasi.

Membantu sistem pencernaan

Minum segelas air hangat dicampur perasan lemon saat kosong di pagi hari dapat membantu merangsang saluran pencernaan. Efeknya, pencernaan membaik, tidak mulas dan membantu proses pembuangan kotoran.

Mengurangi bau mulut

Lemon bisa membersihkan mulut dan membunuh bakteria yang ada di mulut.

Mencerahkan kulit

Vitamin C bisa menjaga kulit awet muda, karena vitamin C membantu dalam proses produksi kolagen. Antioksidan menghidupkan kembali kulit kusam dan menjaganya tetap sehat. Air lemon hangat menghilangkan racun dari darah.

Menurunkan berat badan

Sealing membersihkan perut, lemon juga bisa mengurangi berat badan. Lemon membuat perut terasa kenyang.

Tip

Agar tidak repot membuat air perasan lemon dan madu setiap pagi, Anda bisa membuat stok. Caranya, iris lemon lalu masukan ke dalam stoples. Setelah itu tuang madu. Anda juga bisa menambahkan irisan jahe. Kemudian simpan di kulkas.

Honey Lemon Preserve 2 ingredient cheekyricho tutorial /cheekyricho
BACA JUGA