Kiat kilat beres-beres rumah

Cari tahu apa yang bisa dibereskan sesuai waktu yang Anda miliki.
Cari tahu apa yang bisa dibereskan sesuai waktu yang Anda miliki. | Africa Studio /Shutterstock

Walau hanya punya sedikit waktu, Anda masih bisa beres-beres rumah. Satu persatu bagian rumah, lama-lama semuanya akan rapi dan bersih.

Berikut tip beres-beres dikutip dari Good Housekeeping edisi Januari 2014.

5 menit

Bereskan wadah penyimpan alat tulis di meja Anda. Buang pena yang sudah tak nyata. Biasanya, lima pena saja di meja sudah cukup. Anda bisa menyimpan beberapa di ruangan lainnya di rumah.

10 menit

Tata meja dapur. Simpan peralatan masak yang jarang Anda pakai. Letakkan perkakas penting di tempat yang mudah dijangkau.

Bereskan bagian atas bufet. Ini biasanya jadi tempat kita mengosongkan isi kantong. Agar tak berantakan, letakkan beberapa mangkuk untuk wadah koin, kunci, perhiasan, dan benda kecil lain. Untuk menyimpan bon dan sejenisnya, letakkan juga wadah surat di atasnya.

Bersihkan tumpukan di kursi. Kursi juga bisa bernasib sama dengan bagian atas bufet. Tumpukan jaket dan baju yang masih akan Anda pakai besok atau lusa biasanya tersampir begitu saja. Kembalikan fungsi kursi dengan langsung melipat dan menyimpan atau mencuci pakaian.

15 menit

Bersihkan lemari atau rak di bawah bak cuci piring. Singkirkan cairan pembersih kedaluwarsa atau lap butut yang sudah tak bisa dipakai. Atur alat dan cairan pembersih sesuai ruangan atau jenisnya. Tempatkan dalam satu wadah jika memungkinkan. Jadi saat akan membersihkan kamar mandi, misalnya, Anda tinggal angkat wadah berisi alat dan cairan pembersih kamar mandi.

20 menit

Nakas atau meja kecil di samping tempat tidur Anda mungkin jadi tempat penyimpanan dadakan. Perhiasan, pengecas ponsel, majalah, buku dan lain-lain tergeletak. Tak jarang sampai berdebu cukup tebal. Bereskan semuanya, tata sedemikian rupa. Simpan di situ, benda-benda yang Anda gunakan setiap hari. Misal krim malam, penutup mata untuk tidur, dan lain sebagainya.

25 menit

Bongkar laci peralatan makan. Sortir berdasarkan frekuensi pemakaian. Letakkan peralatan makan yang Anda pakai sehari-hari di bagian mudah terjangkau. Khusus yang jarang digunakan, masukkan ke dalam boks terpisah dan beri tanggal. Jika setahun kemudian, masih tak Anda pakai juga, sumbangkan atau berikan saja pada orang lain.

Tata lemari wadah penyimpanan. Berbagai toples, tempat makan, mungkin juga rantang bisa Anda susun ulang. Mengambilnya saat diperlukan pun jadi lebih mudah. Rata-rata, satu keluarga cukup memiliki 12 wadah penyimpan makanan. Usahakan menumpuk sesuai bentuk. Selain rapi juga hemat tempat.

30 menit

Atur ulang kulkas. Buang semua yang kedaluwarsa. Simpan bahan makanan atau minuman sejenis. Di kompartemen pembeku, buang bahan makanan yang tak dapat Anda kenali. Terutama jika sudah lebih dari enam bulan. Anda dapat mengikuti tip menata lemari pendingin berikut untuk lebih detailnya.

Tata penyimpanan pakaian dalam. Singkirkan yang sudah belel, simpan yang masih bagus. Anda juga bisa memilahnya berdasarkan bahan atau warna untuk mempermudah pemakaian. Bekas gulungan tisu toilet bisa Anda manfaatkan sebagai penyortir.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR