Kiat memilih pot tanaman

Ilustrasi tanaman hias di pot
Ilustrasi tanaman hias di pot | Hanahstock /Shutterstock

Mempercantik rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memilih interior yang sesuai dengan konsep rumah hingga memberikan sentuhan dekoratif dengan tanaman hias.

Metode menyegarkan suasana rumah dengan meletakkan tanaman hias sebenarnya bukan hal baru lagi. Tetapi cara ini tetap menarik perhatian dan sebagai cara praktis untuk membuat rumah terlihat cantik dan nyaman.

Meletakkan pot tanaman di dalam rumah, menurut penulis buku interior tanaman, Kathy Fediw, memberikan lebih dari sekadar sentuhan dekoratif ke lingkungan dalam ruangan.

Padahal sebagai elemen dekoratif, tanaman hias memiliki fungsi ganda yaitu estetika dan suplai oksigen. Tanaman hias juga bermanfaat untuk memberikan kesegaran, mengurangi debu dan membuat ruangan terlihat lebih hidup.

Sebelum Anda menaruh tanaman hias ke dalam rumah sebaiknya mencari tahu jenis tanaman yang sesuai. Karena tidak semua tanaman yang indah dipandang mata cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Ciri-ciri tanaman yang bersahabat untuk ditempatkan dalam ruangan memiliki struktur batang yang lunak, jumlah daun yang banyak dan ukuran relatif pendek. Tanaman tropis merupakan jenis tanaman yang tepat.

Setelah tahu ciri, Anda pun perlu mengetahui pengelompokan tanaman hias. Untuk pengelompokan tanaman hias ada tiga. Pertama tanaman hias bunga seperti geranium, krisan, merupakan tanaman hias bunga yang banyak dipelihara sebagai hiasan rumah.

Kedua, tanaman hias buah dan ketiga tanaman hias daun yang berupa tanaman daun saja. Biasanya tanaman buah memiliki satu daun untuk satu batang.

Sementara itu jenis tanaman hias daun sering kali berupa tanaman yang hanya berupa daun saja dan biasanya memiliki daun tunggal atau satu daun untuk satu batang. Seperti aglaonema dan kastuba yang memiliki warna daun merah menyala.

Aglaonema di dalam pot.
Aglaonema di dalam pot. | Cattlaya Art /Shutterstock

Saat Anda sudah menentukan jenis tanaman hias seperti apa dapat mempercantik interior rumah, penting juga untuk memilih pot.

Pot juga merupakan unsur yang tidak boleh diabaikan. Sebab, tanpa wadah yang cantik, tanaman interior bisa menjadi kurang keindahan.

Bahkan tanaman yang terlihat biasa saja, bisa menjadi lebih menarik dengan wadah yang tepat.

Memang tidak ada ukuran yang baku dalam memilih wadah tanaman. Tergantung pada selera pemilik rumah.

Tetapi Valetina Widjayakusuma pendiri dan pemilik galeri Hofmann Journal (House of Many Plants and Nature) seperti dikutip di Femina.co.id, mengatakan tiap material wadah juga memiliki karakteristik berbeda yang bisa menggambarkan suasana ruang.

Jika ingin memberikan suasana alam tropis dan natural bisa memilih material kayu, rotan dan batu.

Material besi dan semen bisa menghadirkan suasana industrial. Sedangkan pemilihan wadah keramik akan memberikan kesan mewah. Untuk kesan minimalis bisa menggunakan wadah kaca.

"Bahan bisa beragam, mulai dari kaca, terracotta (tanah liat), keramik, kaleng, sampai botol plastik, tergantung selera serta kreativitas. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan bebatuan, pita, pasir berwarna putih, atau kristal. Kreativitas dari material ini pula yang bisa menambah estetika di dalam rumah," ucap Valentina.

Sebagai pemilik rumah, Anda mendapat kebebasan untuk memilih material wadah. Berbeda dengan pemilihan furnitur yang sering dihubungkan dengan konsep desain rumah. Memilih pot tanaman tidak selalu harus menyesuaikan desain rumah agar terlihat tematik.

Valentina memberikan tantangan, jika berani melakukan percobaan dan bertolak belakang dengan konsep rumah, malah akan lebih menarik. Tampilan rumah menjadi unik.

Misal, rumah minimalis modern bisa dipadu-padan dengan wadah yang berkesan natural, seperti kayu dan rotan. Bisa juga dengan menggunakan wadah-wadah bergaya pop art yang diciptakan dari botol dan kaleng bekas yang dicat kembali dengan permainan warna dan motif.

"Yang sedang tren saat ini yakni penggunaan macrame yang diisi dengan tanaman hias dan digantung di dinding. Dengan begitu, wadah dan tanaman interior bisa terlihat seperti karya seni yang mengisi dinding kosong," tandasnya.

Anda pun tidak perlu pusing di mana meletakkan tanaman dalam ruangan. Sebab, di mana pun Anda meletakkan, asal tanaman dan wadah saling mendukung akan dapat mempercantik ruangan.

Anda hanya perlu memperhatikan ukuran tanaman yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Selamat mempercantik rumah dengan tanaman hias dan berkreasi dengan pot.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR