Kiat menabung tanpa keluarkan uang lebih

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung | Vy Watchara Ritjan /Shutterstock

Menyisihkan sebagian uang seringkali terasa memberatkan meski tujuannya untuk hari depan atau simpanan darurat.

Namun tak pernah ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik, seperti halnya menabung ini. Untuk Anda yang merasa sulit menyisihkan uang sebagai 'pengeluaran' untuk tabungan, coba beberapa tip keuangan untuk mulai menabung kecil-kecilan ini, yuk!

Buat anggaran
Prinsip utama berhemat ini juga wajib Anda terapkan saat mau mulai menabung. Dalam hal ini, bujeting alias membuat anggaran ini memudahkan Anda melihat dana yang tak terpakai dari anggaran rutin Anda.

Simpan dana tak terpakai

Melanjutkan poin sebelumnya, anggaran yang tak terpakai bisa Anda alihkan ke satu tabungan khusus. Misalnya kalau Anda menganggarkan biaya hangout sebanyak Rp800 ribu tapi ternyata hanya terpakai sebagian, simpan sebagian sisanya ke tabungan khusus tersebut. Anda bisa menandainya juga dengan tujuan mengumpulkannya, yang sifatnya tidak buru-buru, misalnya untuk uang jajan selama traveling ke Yordania tahun 2020 mendatang.

Simpan uang receh kembalian belanja
Bagi sebagian orang, menyimpan sendiri uang receh berupa koin kembalian belanja dianggap kelewat pelit bahkan fetish terhadap uang. Namun buat saya ini salah satu cara mudah membiasakan menabung sejak dini, yang bisa juga menjadi cara Anda beramal. Salah seorang teman lama saya, misalnya, sengaja mengumpulkan recehan lalu menukarkannya secara teratur dengan uang kertas sebelum mengamalkannya ke orang-orang yang memerlukan. Darinya juga saya belajar bahwa sedikit demi sedikit itu bisa menjadi bukit!

Sisihkan piutang yang kembali
Entah karena uang yang dipinjam orang lain dari Anda itu jumlahnya tak seberapa, atau memang Anda telah mengikhlaskannya, coba untuk menyisihkan pinjaman yang dikembalikan ini sebagai simpanan. Bisa disatukan dengan dana yang tak terpakai, atau dalam celengan Anda lainnya. Lain cerita, ya, kalau uang yang dipinjam ini jumlahnya cukup besar, hehehe.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR