KESEHATAN PEREMPUAN

Kiat mengatasi kelainan hormon pada perempuan

 Ilustrasi polycystic ovary syndrome, kondisi saat ovarium menghasilkan terlalu banyak hormon laki-laki (androgen).
Ilustrasi polycystic ovary syndrome, kondisi saat ovarium menghasilkan terlalu banyak hormon laki-laki (androgen). | ibreakstock /Shutterstock

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi tubuh untuk mengendalikan dan mengatur aktivitas sel atau organ.

Hormon sangat penting untuk setiap aktivitas kehidupan, termasuk proses pencernaan, metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, dan pengendalian suasana hati.

Hormon mengendalikan begitu banyak aspek kesehatan, tetapi sangat mudah untuk mengabaikan betapa pentingnya kesehatan sehingga hormon tidak bekerja dengan baik.

Dr. William Cole, praktisi pengobatan fungsional dan ahli kesehatan Mindbodygreen, sering melihat perempuan memiliki masalah ketidakseimbangan hormon, seperti masalah hormon tiroid, kesehatan reproduksi dan hormon seks.

Salah satu kelainan hormonal pada perempuan adalah polycystic ovary syndrome (PCOS) yaitu ovarium menghasilkan terlalu banyak hormon laki-laki, yaitu androgen. Ini menyebabkan perempuan mengalami gangguan menstruasi, penambahan berat badan, jerawat, dan tumbuhnya rambut berlebihan.

Tak hanya itu, kelebihan androgen juga mengganggu ovulasi dan dapat menyebabkan kemandulan.

"Jika Anda tidak menstruasi setiap bulan, maka Anda tidak berovulasi setiap bulan," kata Anuja Dokras, MD, PhD, direktur Pennic's Polycystic Ovary Syndrome Center dan presiden Androgen Excess and PCOS Society.

Kata Anuja, PCO menyebabkan kesempatan untuk hamil menurun. Anda memerlukan bantuan dari dokter kesuburan sebab kebanyakan perempuan dengan PCOS masih memiliki banyak telur sehat.

PCOS bisa menjadi penyakit yang membuat Anda lemah, tetapi ini bisa diatasi dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Pertama-tama, perubahan bisa dimulai dengan menurunkan berat badan. Obesitas memang tidak menyebabkan PCOS pada perempuan, tetapi kelebihan berat badan berkontribusi terhadap resistansi insulin yang meningkatkan kadar androgen dan dapat membuat gejala PCOS memburuk.

Bahkan menurunkan 5 persen berat badan pun akan berpengaruh pada sistem metabolik, mengurangi berbagai gejala, dan membantu Anda agar dapat hamil.

Anda juga butuh tidur yang cukup untuk menumbuhkan sel dan memaksimalkan produksi hormon. PCOS juga dikaitkan dengan tingginya tingkat gangguan tidur karena adanya gangguan metabolisme seperti resistansi insulin.

Resistansi insulin juga bisa disebabkan oleh memiliki indeks massa tubuh di atas kisaran normal. Resistansi insulin dapat membuat lebih sulit menurunkan berat badan, itulah sebabnya perempuan dengan PCOS sering berjuang dengan masalah ini.

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, seperti makanan berlemak dan bergula, dapat membuat resistansi insulin, dan jadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Cobalah fokus pada makan makanan organik, sayuran, buah, dan lemak sehat seperti produk kelapa atau avokad untuk menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan metabolisme dengan cara menggunakan lemak untuk bahan bakar.

Anda dapat lebih banyak mengonsumsi sayuran berserat tinggi seperti brokoli, kembang kol, sayuran hijau, paprika hijau dan merah, kacang dan lentil, almon, buah beri, ubi jalar, dan labu.

Dapatkan sumber protein dari ikan, tahu, dan ayam. Serta, makan makanan yang membantu mengurangi peradangan seperti tomat, kale, bayam, almon, kenari, minyak zatun, buah beri, dan ikan berlemak tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon dan sarden.

Hindari makanan karbohidrat olahan menyebabkan peradangan dan memperburuk resistansi insulin seperti roti, muffin, kue-kue manis, kentang, dan segala makanan yang dibuat dengan tepung putih. Selain itu, jauhi mi, pasta, minuman bersoda, dan jus.

Puasa berselang juga merupakan cara lain untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan resistansi insulin. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi dan perawatan yang bisa dilakukan.

Selain makanan, gaya hidup sehat bisa ditambah dengan olahraga sehari-hari sebanyak 150 menit per minggu sudah cukup ideal.

Gejala lain PCOS dapat menyebabkan stres. Sehingga mencari cara untuk menurunkan stres juga penting. Anda bisa menenangkan pikiran dengan yoga, meditasi, atau berkonsultasi dengan terapis.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR