Kiat menjadi miliarder pada usia muda

Ilustrasi
Ilustrasi
© Rasstock /Shutterstock

Menjadi kaya pada usia memang terdengar bukan hal yang mudah. Namun, tentunya juga bukan hal yang mustahil. Dalam pidatonya di depan sarjana muda lulusan Universitas Harvard, Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, menyampaikan pesan-pesan penting dalam hidup.

Dalam kesempatan tersebut, Mark bicara soal ciri-ciri generasi muda (milenial) yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini, kata Mark, punya jiwa bebas, cenderung menjadi pengusaha, bukan pekerja kantoran, dan menciptakan sesuatu.

Generasi muda kelahiran 1980-2000 ini juga punya potensi besar menjadi miliarder dalam lima tahun ke depan. Untuk itu, Anda bisa mengikuti kiat-kiat berikut.

Memulai bisnis

Meski tak ada jaminan, tetapi memulai bisnis akan memberi banyak pilihan untuk masa depan. Bila Anda memulai usaha, John Boitnott, seorang konsultan media digital menyarankan untuk terus meningkatkan kemampuan dan bersiaplah bekerja keras untuk mewujudkan mimpi.

Temukan mentor

Bila rajin baca buku mengenai kisah sukses miliarder, Anda akan tahu bahwa mereka selalu punya mentor. Mentor adalah seseorang yang punya pencapaian luar biasa dan bisa menjadi penyeimbang dan penyemangat.

Sering kali, mentor bukanlah teman atau sahabat, melainkan orang yang sering memberikan kritik pada Anda. Setelah mendapat kritikan, Anda akan merasa harus membuktikan kemampuan yang sebenarnya.

Bangun produk

Meski tak membuat produk dari awal, Anda bisa melakukan inovasi atau mengembangkan prototipe. Setelah itu, mulai bangun merek Anda dan distribusikan produk tersebut.

Untuk membangun produk, mulai dengan berbagai cara. Syaratnya, produk tidak mahal dan bisa mengurangi beban sistem yang sudah ada.

Ambil alih bisnis yang sudah berjalan

Menjadi miliarder tak melulu soal membangun perusahaan atau produk dari awal. Anda bisa melanjutkan atau mengambil alih bisnis yang sudah ada sebelumnya. Bila Anda kebingungan, broker bisnis bisa membantu.

Investasi

Dunia investasi memang butuh perlakuan khusus. Meski demikian, bidang investasi bisa memberi Anda uang secara signifikan. Anda harus paham cara mengelola risiko yang ada. Bila belum sanggup dengan risiko besar, mulai dengan jumlah uang yang bisa Anda tolerir.

Menabung

Anda bisa melakukan banyak cara untuk menghemat pengeluaran dan menambah penghasilan. Anda bisa memiliki pekerjaan sampingan, berbagi kamar, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa lebih banyak menabung.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.