FINANSIAL

Kiat nyaman pensiun muda

Ilustrasi pensiun
Ilustrasi pensiun | ShutterOK /Shutterstock

Hidup nyaman di masa pensiun tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun, pernahkah Anda membayangkan untuk pensiun muda dan hidup nyaman? Anda bisa mencapai tujuan tersebut dengan perencanaan matang.

Pengusaha Ankit Grag mengatakan bahwa untuk bisa pensiun muda tidaklah sulit asal punya perencanaan yang matang. Selain itu, Ankit juga mengatakan bahwa manajemen keuangan juga menjadi kunci kesuksesan pensiun muda.

Ankit juga memberikan kiat lainnya seperti dikutip Lifehack.

Jangan mengalah demi gaya hidup

Sejahtera saat pensiun adalah target jangka panjang yang harus Anda persiapkan sejak dini. Bila Anda terbiasa bergaya hidup mewah, seperti makan di restoran mahal, Anda akan kesulitan mengejar tujuan jangka panjang di kemudian hari.

Langkah sederhana mengatasinya tentu mengubah gaya hidup. Biasakan dan disiplinlah dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan masa depan.

Gunakan sistem autodebet

Fitur ini adalah sahabat sejati untuk Anda. Melalui fitur ini, kamu akan 'dipaksa' menyisihkan uang tiap bulan untuk kebutuhan masa depan, baik dana pensiun, tabungan berjangka hingga investasi. Jangan lupa, atur untuk autodebet.

Batasi akses pada uang pribadi

Jangan menaruh uang di tempat yang mudah diakses. Di bank misalnya, letakkan di rekening tanpa kartu. Atau, letakkan uang pada investasi yang tidak liquid. Pilihannya, seperti saham atau reksa dana saham yang bisanya butuh beberapa hari untuk cair.

Tak menyentuh dana masa depan

Bila pindah kerja, biasanya ada jeda tiga bulan sebelum kantor baru menanggung BPJS Ketenagakerjaan. Dalam tiga bulan tersebut,Anda bisa mencairkan dana pensiun yang telah dibayarkan sebelumnya.

Namun sebaiknya jangan dicairkan, biarkan saja agar mendapat pengembangan dana pensiun yang maksimal. Dana itu akan berkembang maksimal saat Anda pensiun.

Jangan liburan di musim liburan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa liburan di musim liburan hanya akan membuat biaya lebih mahal. Sebab, harga hotel dan pesawat menjadi lebih mahal dari normal. Coba berlibur di Maret-April atau Oktober-November. Selain lebih sepi dan nyaman, tiket pesawat dan hotel lebih murah.

Potong anggaran 5%

Tiap pengeluaran bulanan yang ada, coba potong 5%. Misalnya, anggaran makan, perjalanan, dan busana. Untuk makan, siasati saja dengan masak di rumah dan bawa bekal. Selain lebih sehat, pengeluaran bisa ditekan dan Anda bisa berlatih mengelola keuangan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR