TREN MODE

Kini handuk bukan sekadar perlengkapan mandi

Ilustrasi bathleisure, gaya baru yang mulai tren.
Ilustrasi bathleisure, gaya baru yang mulai tren. | nelen /Shutterstock

Tak sekadar bergaya di depan cermin usai mandi, memakai handuk di kepala kini jadi tren di Instagram.

Beberapa waktu belakangan ini Instagram ramai oleh tagar #bathleisure yang berisi foto-foto aneka pose dengan handuk melilit di kepala. Tren ini bahkan disebut-sebut akan ramai diikuti pada awal 2018 ini.

Menurut Allure tren ini disebut dengan 'bathleisure' karena diambil dari kata bath atau mandi dan athleisure yang merujuk kepada pakaian olahraga yang juga nyaman dikenakan untuk bersantai--misalnya legging.

Namun Man Repeller menyatakan bahwa tren ini bukanlah hal baru. Tren tersebut kembali muncul sebagai bentuk adaptasi dari simbol kebebasan masyarakat kulit hitam yang kerap dipaksa menggunakan bungkus kepala saat bekerja sebagai budak pada abad ke-16.

Adapun istilah bathleisure pertama kali diciptakan oleh The Cut. Saat itu, mereka menyebut kata tersebut untuk mendeskripsikan penampilan Rihanna yang tampil pada sampul majalah Vogue Inggris edisi November 2017.

A post shared by badgalriri (@badgalriri) on

Di sana pelantun lagu "Work" ini tampil anggun dengan atasan kuning berpayet, luaran kuning beraksen bulu, bawahan oranye serta handuk oranye koleksi Emilio Pucci (musim semi 2018) yang dililitkan ke kepalanya.

Meskipun tampil dengan handuk di kepala, tetapi gaya Rihanna justru terlihat mewah. Pose dan penampilannya ini yang kemudian menjadi perhatian.

Namun, ternyata Rihanna bukan lah orang pertama yang bergaya demikian. Dahulu, aktris dan juga model Audrey Hepburn pun pernah bergaya serupa saat memerankan Holly Golightly dalam film legendaris Breakfast At Tiffany's.

Tak menunggu lama, warganet hingga para pesohor pun bergerak cepat, memotret diri dengan balutan handuk nan estetis, seperti beberapa orang di bawah ini:

Rita Ora

Penyanyi sekaligus aktris ini tampil dengan gaya bathleisure nya saat menghadiri acara MTV Europe Music Award 2017. Menurutnya, saat itu belum ada yang melakukan hal serupa seperti dirinya, yakni melenggang di karpet merah dengan busana mandi.

Dilansir Daily Mail, bukan hanya ingin bergaya, saat itu Rita Ora mengaku ingin tampil lebih apa adanya dengan busana tersebut.

"Saya hanya ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda bisa jadi diri Anda sendiri, dan saya rasa dengan baju mandi dan handuk di kepala, saya menjadi diri saya sendiri," jelasnya.

Ora mengenakan baju dan handuk mandi koleksi Palomo Spain, jenama yang sama yang mendandani Beyonce saat mengumumkan kelahiran anak kembarnya.

Pesohor asal Inggris ini juga melengkapi penampilannya dengan satu set kalung dan anting berlian serta sepatu hak tinggi.

A post shared by RITA ORA (@ritaora) on

Aimee Song

Narablog mode asal California, Amerika Serikat ini juga mengaplikasikan bathleisure saat berlibur ke Thailand. Ia mengenakan handuk secara kasual yang dipadukan dengan bikini dan kacamata hitam.

Menurut BBC, mengenakan kacamata hitam juga bisa menjadi tip untuk tampil modis secara instan ketika mengadopsi gaya bathleisure.

A post shared by Aimee Song (@songofstyle) on

Elizabeth Taylor

Seakan tak mau kalah, mendengar kabar maraknya tren handuk ini, akun Instagram resmi aktris lawan mendiang Elizabeth Taylor pun ikut mengunggah foto lama pesohor yang telah wafat pada 2011 itu saat ber-bathleisure pada masa hidupnya.

Akun tersebut juga menambahkan sebutan trendsetter (pelopor tren) pada kapsi foto.

Jika ingin berpakaian serupa, Anda bisa mengaplikasikannya menjadi beberapa gaya. Jika ingin bergaya sederhana dan menampilkan kesegaran, Anda tinggal mengenakan handuk di kepala dengan padu padan baju mandi (bathrobe), baju renang atau kemeja.

Namun, untuk gaya mewah, sah saja untuk memadupadankannya dengan gaun malam dan berbagai aksesori. Tipnya, cobalah untuk mengenakan handuk dengan warna tegas atau motif meriah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR