Langkah membangun rumah sendiri

SPONSOR: MU-Weber
Ilustrasi membangun rumah sendiri.
Ilustrasi membangun rumah sendiri. | /Shutterstock

Bisa memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Akan tetapi, semakin tingginya harga properti membuat sebagian orang mencari strategi untuk menekan biaya, salah satunya adalah dengan membangun rumah sendiri.

Membangun rumah sendiri bukan berarti Anda mengabaikan perencanaan dan juga kualitas pengerjaan serta bahan bangunan yang dapat mempertaruhkan kualitas tempat tinggal. Yang perlu dicatat kemudian adalah jangan sampai dana pembangunan yang sudah dikeluarkan menjadi sia-sia hanya karena Anda tidak memperhatikan detail setiap proses. Berikut langkah yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan membangun rumah sendiri.

Tentukan tipe rumah

Membangun rumah tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bagi Anda yang belum berkeluarga atau belum memiliki anak dan ingin membangun rumah untuk jangka panjang, mungkin Anda bisa mempertimbangkan tipe rumah tumbuh. Rumah tumbuh adalah rumah yang pembangunannya bisa dilanjutkan kemudian hari.

Pada awalnya, rumah tumbuh dibangun hanya satu lantai. Namun, saat pengerjaannya, pondasi rumah disiapkan agar rumah mampu menopang bangunan tambahan di atasnya. Umumnya, rumah tumbuh bisa dibangun menjadi dua atau tiga lantai.

Arsitek, perlukah?

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak sedikit di antara kita yang mengurungkan niat menggunakan jasa arsitek untuk menekan biaya. Padahal, menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah jangka panjang sama dengan Anda memastikan kualitas tempat tinggal Anda adalah bangunan layak huni dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Ilustrasi perencanaan pembangunan rumah.
Ilustrasi perencanaan pembangunan rumah. | /Shutterstock

Arsitek bukan hanya bertugas merancang bangunan, tetapi juga bertanggung jawab dalam proses pembangunan, perhitungan biaya material yang dibutuhkan, hingga estetika hasil akhir bangunan. Arsitek merupakan perpanjangan tangan Anda di lapangan yang akan mengambil keputusan jika pekerja konstruksi mengalami kendala. Oleh karena itu, saat memilih arsitek, penting untuk memilih arsitek yang bisa Anda ajak kerja sama dan ngobrol pada saat yang sama.

Bangunan ramah lingkungan solusi hemat pengeluaran

Pertimbangkan konsep bangunan ramah lingkungan. Diskusikan dengan arsitek Anda kemungkinan untuk membangun rumah ramah lingkungan, misalnya untuk mengurangi penggunaan lampu dan pendingin ruangan di beberapa titik rumah.

Selain membantu menekan emisi akibat pemakaian listrik, membangun rumah yang ramah lingkungan juga dapat membantu Anda menekan pengeluaran listrik dalam jangka panjang.

Perhatikan kualitas material bahan bangunan

Setelah membuat perencanaan pembangunan, langkah selanjutnya adalah memastikan pekerja Anda menggunakan material bangunan berkualitas untuk memastikan kualitas tempat tinggal Anda.

Setiap area rumah memiliki masalah yang berbeda-beda karena itu, pastikan Anda juga menggunakan bahan bangunan yang tepat untuk mengatasi masalah tertentu. Beberapa sudut rumah yang kerap bermasalah di antaranya adalah kamar mandi, dapur, interior/eksterior, kolam renang, serta garasi. Oleh karena itu, Anda memerlukan 5 kekuatan untuk 5 area utama rumah Anda.

Untuk kamar mandi misalnya, sebagai tempat yang selalu terkena air (area basah), biasanya keramik dan nat keramik di sini mudah rusak akibat kondisi air, seperti air keruh (kotor) yang dapat menyebabkan noda dan pertumbuhan lumut atau jamur menjadi lebih cepat di area ini.

Untuk mengangkat kotoran di keramik kamar mandi, pemilik rumah akan menggunakan cairan pembersih berbahan kimia yang dapat membuat nat keramik mudah tergerus dan pudar. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan MU-408 PowerBathroom dengan fitur SmartShield Pro yang lebih tahan terhadap cairan pembersih kimia dan tidak mudah mudah tergerus sehingga nat keramik kamar mandi tidak mudah rusak.

Sedangkan untuk area basah lain di rumah, seperti kolam renang ataupun kolam ikan, Anda dapat menggunakan MU-408 PowerPool yang dilengkapi dengan fitur SmartShield Plus yang tahan terhadap tekanan air serta dapat menghambat pertumbuhan jamur sehingga nat keramik lebih tahan lama.

Infografik
Infografik | Gary RJ /Beritagar.id

Area rumah lain yang juga sering mengalami masalah adalah dapur. Bagaimana tidak, paparan suhu panas dari kompor dan percikan masakan, seperti saos, kecap, kopi, atau teh kerap meninggalkan jejak kotor dan membuat nat keramik mudah retak.

Untuk area dapur, Anda dapat menggunakan MU-408 ColorKitchen. MU-408 ColorKitchen memiliki fitur Stain Repel yang membuat kotoran di dapur tidak mudah menempel, mudah dibersihkan, dan indah terawat. Tak hanya itu, MU-408 ColorKitchen juga tahan terhadap paparan panas sehingga nat keramik tidak mudah retak dan warnanya tidak cepat pudar.

Selain area basah dan dapur, area lain yang juga sering mengalami masalah adalah garasi atau carport. Nat keramik di area ini akan lebih mudah tampak kotor akibat hilir mudik ban kendaraan. Tak hanya sampai di situ, beban berat kendaraan juga membuat nat keramik garasi atau carport lebih mudah pecah dan rusak.

Agar garasi atau carport di rumah lebih tahan lama, Anda bisa menggunakan MU-408 ColorOutdoor. MU-408 ColorOutdoor mengandung Active Defense Technology yang tahan terhadap perubahan cuaca, paparan sinar UV, serta gesekan benda berat, seperti ban kendaraan.

Nat keramik mungkin hanya hal kecil dalam sebuah bangunan rumah, tetapi jangan anggap sepele. Penggunaan sembarang produk nat keramik justru dapat menimbulkan masalah dan mengurangi usia serta kualitas hunian Anda.

Untuk solusi kebutuhan nat keramik pada ruang lainnya, Anda dapat menggunakan MU-408 ColorFill. MU-408 ColorFill memiliki beragam pilihan warna yang dapat Anda sesuaikan dengan tema ataupun keramik di rumah. Tak hanya itu, MU-408 ColorFill juga memiliki fitur EasyClean yang membuat kotoran-kotoran yang menempel di nat keramik mudah dibersihkan dan indah terawat.

Rangkaian produk mortar instan MU-408 merupakan 5 kekuatan untuk 5 area utama rumah Anda sehingga memilih pengisi nat keramik menjadi lebih mudah dan membuat keindahan rumah bertahan lebih lama.

SPONSOR: MU-Weber
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR