FINANSIAL

Langkah yang perlu dilakukan untuk menjadi kaya

Ilustrasi orang kaya
Ilustrasi orang kaya | Khongtham /Shutterstock

Menjadi kaya dan mampu memenuhi segala kebutuhan tentu menjadi keinginan semua orang. Anda pun juga bisa menjadi kaya, yang penting Anda mau melakukan langkah awal ini.

Menurut miliarder dan pakar keuangan Ramit Sethi, untuk menjadi kaya Anda perlu mengawalinya dengan mengubah sudut pandang (mindset) pada sesuatu. "Kendalikan pikiran Anda selalu merasa kurang," kata Ramit seperti dikutip di CNBC Make-It.

Penulis buku I Will Teach You to be Rich itu bilang, perubahan pola pikir itu bisa sesederhana mengubah pandangan mengenai menabung. Jadi, jangan melihat seberapa banyak Anda menabung, melainkan fokus saja pada upaya menambah penghasilan.

"Jangan puas dengan apa yang sudah Anda hasilkan. Tanamkan pikiran Anda ingin tumbuh lebih besar sehingga harus terus menantang diri sendiri," lanjutnya. Jadi, di saat orang sibuk menekan pengeluaran, Anda bisa melakukan hal yang lebih produktif.

Misalnya seperti yang dilakukan banyak miliarder, yaitu sibuk membuat bisnis baru, bisnis sampingan, melakukan negosiasi gaji, masuk pada instrumen investasi dengan imbal hasil tinggi maupun mengambil keuntungan dari suku bunga.

"Bila merasa tidak punya waktu? Gunakan waktu menonton televisi untuk melakukannya. Anda pasti punya waktu," tambahnya.

Bagi Ramit, untuk menjadi orang kaya, Anda harus sedini mungkin memulai bisnis sampingan. Jadi, Anda harus menyiapkan dua rencana sekaligus, rencana bila perusahaan tumbuh dan bila perusahaan bermasalah.

Kemampuan selanjutnya yang harus Anda kuasai adalah tahu mana hal yang merugikan. Contoh sederhana di kehidupan sehari-hari adalah berlangganan Netflix atau Spotify. Meski terlihat kecil, namun hal ini akan merugikan, apalagi Anda tidak punya benar-benar menggunakan layanan keduanya.

Menurut Ramit, selalu negosiasi dengan diri sendiri untuk pengeluaran yang bisa Anda tekan. Bagi Ramit, ada empat pengeluaran yang bisa Andapikir ulang, seperti biaya sewa tempat tinggal, bunga kartu kredit, biaya telepon atau internet, dan keanggotaan gym.

"Namun tetap ada angka maksimal yang bisa Anda tekan. Sementara tidak ada batas untuk pendapatan yang bisa Anda dapat," tambahnya.

Negosiasi gaji, katanya, juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda coba untuk menambah pendapatan. Menurut Ramit, orang sukses adalah orang yang tidak pernah ragu menanyakan sekaligus menunjukkan kinerja terbaiknya.

"Jangan melepas sesuatu yang seharusnya Anda miliki hanya karena Anda tidak tahu cara mendapatkannya," pesannya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR