Lis wajib saat bepergian dengan lansia dan balita

Ilustrasi berlibur bersama anak.
Ilustrasi berlibur bersama anak. | Author /Shutterstock

Jika ingin melancong bersama orang tua dan anak di bawah lima tahun, rencanakan dari sekarang. Rencana perjalanan yang matang akan membuat semua keluarga senang selama liburan.

Tak ada salahnya mengajak orang tua (ayah, ibu, paman, atau tante) bepergian ke luar negeri. Selama mereka masih sehat, umur tentu bukan masalah. Begitu pula saat harus mengikutsertakan balita dalam perjalanan tersebut.

Sebelum Anda memutuskan bepergian, ada baiknya Anda membuat lis untuk memastikan kenyamanan seluruh anggota keluarga yang ikut liburan. Mulai dari survei dan tentukan tujuan terlebih dahulu. Cari tahu pula cuaca dan kondisi jalan di negara tujuan.

Langkah tersebut untuk menentukan barang bawaan yang harus Anda bawa dan menyesuaikan kegiatan yang cocok bagi lansia dan balita. Bila negara tujuan menyediakan tur keluarga, tak ada salahnya mengambil paket tersebut untuk memudahkan kegiatan dan mobilitas selama di negara tujuan.

Siapkan fisik dan psikis Anda dan keluarga. Berlibur bersama keluarga bisa menuntut tenaga ekstra, ekstra fisik dan psikis. Tetap sabar dan jaga mood. Sebelum berangkat, konsultasikan kepada dokter mengenai vitamin dan obat-obatan yang bisa dibawa untuk lansia dan balita. Hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

Bawa perlengkapan untuk balita, seperti susu dan botol minum, sterilizer, popok, baby carrier atau stroller, tisu basah, hand sanitizer, essential oils khusus balita, hingga wadah makan. Untuk lansia, siapkan bantal leher dan tongkat lipat yang ada kursinya. Barang lainnya, bisa Anda diskusikan dengan mereka.

Untuk kenyamanan perjalanan Anda dan keluarga, cek rumah sakit dan fasilitasnya di negara tujuan. Jika sekiranya, orang tua atau anak sakit, Anda tahu harus pergi ke mana. Yang paling utama, bekali juga perjalanan Anda dengan perlindungan ekstra, yaitu asuransi perjalanan New TravelPro dari Allianz.

New TravelPro akan melindungi Anda dan keluarga selama perjalanan liburan. Nilai plus asuransi ini adalah memiliki periode perjalanan sampai 183 hari dengan premi kompetitif untuk keluarga yang mencakup perlindungan bagi anak-anak dengan minimal usia mulai 14 hari hingga lansia dengan usia maksimal 84 tahun, perlindungan biaya medis, cashless hospital admission khusus untuk rawat inap, serta layanan 24 jam Allianz Global Assistance di seluruh dunia. Anda juga bisa meningkatkan atau upgrade fasilitas asuransi perjalanan dengan pilihan New TravelPro Superior, New TravelPro Deluxe, dan New TravelPro Premium.

Selain itu, saat bepergian terkadang Anda terlalu asyik mengeksplor tempat baru dan lupa mengisi perut. Tiba-tiba anak rewel. Jangan sampai hal ini terjadi. Selalu sediakan kudapan untuk balita dan lansia. Karena makan tepat waktu adalah hal penting untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

Pilih kudapan sehat dan praktis yang bisa dibawa ke mana-mana, seperti sereal, kukis, atau roti kemasan dari minimarket. Bawa pula minuman untuk menjaga hidrasi selama melancong. Dan jangan lupa untuk membawa mainan favorit anak agar ia merasa nyaman seperti di rumah.

Selamat berlibur.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR